logo-raywhite-offcanvas

12 Nov 2021

Siapa Yang Suka Makan Coklat

Siapa Yang Suka Makan Coklat

Apakah kalian tahu kalau coklat adalah makanan paling sempurna di dunia?  Dan semua orang di seluruh dunia ini menyukai coklat. Hayohttps://www.raywhite.co.idsiapa yang suka sekali makan coklat? 

Cerita tentang coklat, dari mana coklat berasal. Coklat sebenarnya tumbuh dari pohon. Tetapi coklat tidak bisa langsung dipetik dari pohonnya dan langsung dimakan. Karena coklat yang ada di pohon tidaklah terasa seperti coklat yang kita biasa makan seperti permen coklat. Pohon penghasil coklat bernama pohon Cacao. Coklat berbentuk seperti buah kacang. Pohon coklat tumbuh di tempat yang panas dan basah seperti daerah khatulistiwa yang bersuhu tropis.

Pohon-CoklatPohon Coklat

Sekarang pohon coklat banyak ditanam di tanah pertanian atau perkebunan. Jadi awal coklat tumbuh dari bunga-bunga kecil yang berwarna putih atau kuning yang ada di pohon coklat. Beberapa bunga-bunga akan berubah menjadi seperti kacang polong yang bentuknya seperti bola lonjong. Tukang kebun akan memangkas cabang-cabang pohon yang ada coklatnya. Coklat yang diambil adalah yang sudah matang, yang awalnya berwarna hijau lalu menjadi kuning keemasan atau setelah berubah kemerahan barulah di panen.

Proses persiapan biji kacang. Setelah coklat yang bentuknya seperti kacang dari pohon coklat masak dan di petik, barulah coklat yang sekarang kita tahu dibuat. Di dalam masing-masing buah coklat berisi 20 sampai 50 biji coklat. Dimana biji-biji coklat sebenarnya adalah benih dari pohon. Jadi masih banyak proses yang dilakukan sebelum menjadi coklat seperti yang sekarang kita lihat. Kemudian biji coklat dikumpulkan lalu dibelah dengan pisau yang besar untuk kemudian biji-biji coklat tersebut diambil. Bentuk awal isi buah coklat seperti buncis berwarna krem dan dilapisi dengan daging buah yang lembut. 

Biji-CoklatBuah Dan Biji Coklat

Kacang ini masih sangat berbeda dengan coklat yang anda ketahui sekarang. Proses selanjutnya yaitu, kacang yang dilapisi bubur kertas dimasukan ke dalam kotak tertutup. Mereka akan mulai berubah warna dari krem menjadi ungu setelah kotak terkena udara dan biji didalamnya juga berubah karena proses didalamnya yang disebut dengan proses fermentasi. Setelah difermentasi, dikeringkan. Dan saat biji dikeringkan, lalu di masukan ke dalam kantong kain besar dan siap dikirim ke pembuat coklat.

Dari kacang menjadi coklat setelah proses fermentasi masih dilanjutkan dengan proses lanjutan sampai menjadi coklat yang bisa dimakan. Yang pertama kacang harus dibersihkan terlebih dahulu, lalu pembuat coklat memadukan berbagai jenis kacang menjadi satu untuk memastikan coklat memiliki rasa yang tepat. Pembuat coklat memadukan berbagai jenis kacang menjadi satu untuk memastikan coklat memiliki rasa yang tepat seperti yang diinginkan. 

Proses pembuatan coklat dengan melakukan pemanggangan untuk semua biji coklat untuk mengeluarkan rasa coklat dengan pemanggangan biji inilah maka aroma seperti coklat akan dihasilkan. Karena proses yang terjadi adalah saat biji dipanggang, kulit biji yang menutupi menjadi rapuh. Lalu biji akan melewati proses di dalam mesin pemecah cangkang dengan kipas angin di dalamnya. Disini cangkang akan terlepas dan hanya tersisa bagian kecil dari biji saja. Lalu terus dihancurkan sampai menjadi cair.

Mesin-Pembuat-CoklatMesin Pembuat Coklat

Cairan tersebut yang kemudian dituangkan ke dalam cetakan pendingin yang akan mendinginkan batangan coklat pahit tanpa pemanis yang bentuknya masih seperti balok belum diasah. Batang-batang tersebut terus akan ditekan sampai berubah menghasilkan cairan kuning seperti mentega. Mentega coklat ini lalu mengalir melalui saringan dan kemudian dikumpulkan untuk membuat coklat seperti yang kita makan sekarang.

Hasil-CoklatHasil Coklat

Menarik bukan cerita tentang asal muasal coklat yang kita makan. Sekarang tentunya anda ingin tahu dimana tempat membeli coklat yang enak dan semua orang suka ini. 

Berikut kami rekomendasikan kemudahan pencarian coklat untuk anda pecinta coklat, dimana lagi kalau bukan di toko-toko coklat ternama yang ada di daerah Kebayoran Baru:

Patchi

Terletak di Ground Floor - Pacific Place Blok GF, Kav. 52 - 53, Jl. Jend. Sudirman, RT.5/RW.3, Senayan, Kby. Baru, Jakarta Selatan - 12190

Pachi-1

 

Pachi-2

Salah satu coklat mewah yang terbaik di dunia. Rasa nya enak sekali dan yang paling unik coklat Patchi adalah kemasan atau bungkus coklatnya. Bungkus coklat Patchi di design sangat menawan dan unik untuk satu-persatu coklatnya. Cocok sekali untuk dijadikan hadiah untuk orang tersayang anda. 

Better Chocolate Than Never

Terletak di Jl. Panglima Polim IV No.14, RT.2/RW.7, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160

Better-Choloate-Than-Never-1

Better-Choloate-Than-Never

Rasa coklatnya yang tidak terlalu manis dan tidak pahit sama sekali.

Tempatnya bersih, cocok untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk makan cemilan atau pencuci mulut setelah makan siang anda. Toko ini juga menyediakan kue coklat yang sangat lembut bolunya. 

Pipiltin Cocoa

Terletak di Jl. Barito II No.5, RT.9/RW.7, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160

Pipiltin-1

Pipiltin-2

Coklat dengan cita rasa Nusantara, Indonesia banget yang berasal dari Bali. 

Rasa coklatnya lembut sekali apalagi kalau dicampur dengan susu, menjadikan rasa coklat tambah enak dan ingin makan terus. Cobalah minuman coklatnya, rasanya selangit nikmatnya.

Dapur Cokelat

dapurcokelat.com

Terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan Kby. No.10, RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130

Dapur-Cokelat-1

Dapur-Cokelat-2

Rasa coklatnya tidak kalah dengan rasa coklat Internasional. Dengan harga yang tidak terlalu mahal cocok sekali untuk anda nikmati bersama teman atau keluarga atau client anda. Pilihan produk yang bervariasi, mulai dari coklat praline, snack, kue, dan minuman coklat.

“Like Love, Chocolate is Always A Delight to Receive Or To Give”

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

 

Sumber: 

Instagram: @raywhitesenopati

Instagram Ray White Kebayoran Senopati Theme of  Discover Kebayoran Baru: Chocolate Is The World's Perfect Food

Gambar dan Informasi Toko Coklat:  patchi.com, betterchocolatethannever.com, pipiltincocoa.com, dapurcokelat.com dan Zomato.com

Share