logo-raywhite-offcanvas

18 May 2024

Berinvestasi di Rumah Anda dan Properti Lainnya

Berinvestasi di Rumah Anda dan Properti Lainnya

Banyak orang memilih untuk berinvestasi di rumah mereka sendiri. Tantangan dan biaya pindah rumah telah membuat orang mempertimbangkan perluasan dan renovasi yang menjadikan rumah mereka menjadi lebih baik dan menambah nilai. Artikel Ray White Kebayoran Senopati kali ini membahas bagaimana Anda bisa sukses berinvestasi di rumah dan properti lainnya.

Berinvestasi di rumah Anda sendiri

Rumah Anda sendiri mungkin merupakan salah satu pembelian termahal yang pernah Anda lakukan. Namun, tidak seperti investasi lainnya, karena Anda juga berencana untuk menggunakannya. Oleh karena itu, investasi Anda akan bersifat finansial dan emosional.

Kami sarankan agar Anda tidak memandang memiliki rumah sendiri sebagai sebuah investasi, namun sebagai sebuah pilihan. Di beberapa daerah, biaya membeli mungkin lebih tinggi dibandingkan menyewa, yang berarti bahwa keputusan untuk membeli belum tentu masuk akal secara finansial. Namun, ada beberapa keuntungan signifikan memiliki rumah sendiri, seperti kemampuan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan terhadap properti tersebut (tentu saja dalam batasan undang-undang perencanaan setempat).

Oleh karena itu, keputusan untuk membeli tidak boleh dianggap sebagai keputusan investasi. Namun, setelah Anda membeli, Anda harus mempertimbangkan rumah Anda sebagai investasi, dan mengelolanya seperti itu.

Salah satu aspek terpenting dalam memiliki properti adalah selalu mengikuti perkembangan pemeliharaan. Merawat properti Anda mungkin akan mahal, namun penting jika rumah Anda ingin mempertahankan nilainya. Pengecatan dan dekorasi secara teratur, terutama bagian luar, serta pemeriksaan atap dan talang air, akan memastikan rumah Anda tetap kedap air dan dalam kondisi baik. Pemeliharaan harus dilihat sebagai investasi berkelanjutan, bukan biaya.

Bagaimana jika Anda ingin menambah nilai signifikan pada rumah Anda? Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menambah ruang: kamar tidur atau ruang tamu.

Investasi yang ideal adalah konversi loteng, ruang bawah tanah, atau garasi. Perluasan ke samping atau belakang properti juga merupakan investasi yang bagus. Ini semua menambah ruang tambahan ke rumah Anda dari ruang yang sering tidak terpakai.

Berinvestasi untuk dijual

Ada subkategori berinvestasi di rumah Anda sendiri: berinvestasi untuk menjual.

Nah, bila Anda ingin berinventasi pada rumah untuk dijual, maka maksimalkanlah harga jual rumah mulai dari menata dapur baru, mengecat dinding berwarna cerah, dan membuat taman terlihat menarik.

Namun, semua opsi ini memerlukan biaya. Pertanyaannya adalah apakah Anda akan menutup biaya itu dari kenaikan harga jual. Hal ini tidak mungkin dinilai bila Anda tidak memiliki pengetahuan rinci tentang pasar properti di wilayah Anda.

Jika Anda tinggal di daerah yang populer di kalangan orang yang ingin membeli properti untuk diperbaiki, maka properti yang lebih kumuh mungkin sebenarnya lebih menarik. Namun, jika rumah Anda kemungkinan besar akan dibeli oleh orang-orang yang hanya ingin tinggal di dalamnya, sedikit dekorasi mungkin akan membuahkan hasil.

Sebelum Anda memulai proyek perbaikan rumah yang dirancang untuk meningkatkan harga jual rumah Anda, disarankan untuk berbicara dengan beberapa agen real estate setempat untuk mendapatkan pendapat mereka.

Berinvestasi di properti sewaan

Cara kedua untuk berinvestasi di properti adalah dengan membeli properti untuk disewakan: baik perumahan atau komersial.

Kemudahan mendapakan kredit rumah untuk disewakan, dan tingginya harga sewa yang tersedia di banyak daerah, menjadikan ini pilihan yang menarik bagi banyak orang. Namun, Anda perlu yakin bahwa pendapatan sewa akan menutupi cicilan kredit Anda dan segala biaya pemeliharaan lainnya yang mungkin muncul.

Memiliki keterampilan mengelola penyewa sendiri dan juga memilah sebagian besar perbaikan akan membantu Anda. Ini juga berarti Anda harus tinggal relatif dekat dengan properti Anda, dan memiliki cukup waktu untuk mengelolanya sendiri. Anda juga perlu menganggarkan anggaran untuk periode ketika properti kosong, dan untuk biaya perbaikan kerusakan yang dilakukan oleh penyewa Anda.

Intinya adalah memiliki properti sewaan bukanlah pilihan yang mudah. Namun, bagi orang-orang dengan pendekatan dan keterampilan yang tepat, ini bisa menjadi bisnis yang bagus.

Tidak ada keraguan bahwa investasi di properti menjadi semakin populer. Namun, hal ini tidak boleh dilihat sebagai ‘uang mudah’. Mengelola properti, baik sebagai pemilik-penghuni atau tuan tanah, merupakan pekerjaan yang sulit dan seringkali mahal. Apapun pendekatan Anda, disarankan untuk mengetahui terlebih dulu apa yang akan Anda hadapi sebelum memulai!

Diskusi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share