logo-raywhite-offcanvas

04 May 2024

Dampak Kenaikan Yesus bagi Umat Kristiani Saat Ini

Dampak Kenaikan Yesus bagi Umat Kristiani Saat Ini

Hari Kenaikan seringkali menjadi salah satu hari dalam kalender Masehi yang mudah kita lupakan dan tidak kita catat, karena tidak mendapat perhatian sebanyak hari raya umat Kristiani lainnya, seperti Paskah dan Natal. Kita merasakan puncak Paskah ketika kita diingatkan akan pentingnya kematian dan kebangkitan Yesus Kristus serta bagaimana hal itu membawa harapan bagi seluruh umat manusia. Hal ini karena kita mendapat kesempatan untuk dipersatukan kembali dengan Tuhan dan menjalin hubungan dengan-Nya melalui Yesus Kristus. Ini bagus dan tidak boleh diremehkan, tapi kita sering terjebak dalam pemikiran bahwa di sinilah ceritanya berakhir.

Kita kembali ke rutinitas kehidupan sehari-hari dengan harapan api yang berkobar dalam diri kita tidak padam. Sayangnya, gangguan dan tuntutan dunia ini banyak mempengaruhi kita dan perlahan-lahan kita kehilangan pandangan akan kemuliaan Yesus Kristus dan semua yang Dia capai. Inilah kondisi manusia. Kita cenderung lupa, dan menciptakan berhala di dalam hati kita. Jika kita dibiarkan sendiri, jelas bahwa kita tidak cenderung memilih Tuhan, melainkan menyerah pada dosa. Itulah sebabnya kita perlu memandang Tuhan setiap hari dalam hidup kita dan bergantung pada kuasa Roh Kudus di dalam kita sebagai orang Kristen.

Lalu mengapa hari Kenaikan Yesus Kristus begitu penting?

Setelah kebangkitan Yesus, Dia berada di bumi selama 40 hari dan Dia menggunakan waktu ini untuk berbicara tentang Kerajaan Allah (Kisah Para Rasul 1:3). Kita diberikan dua kisah serupa tentang kenaikan Yesus:

Tiga dampak Kenaikan Yesus terhadap kita sebagai Orang Percaya Saat Ini

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi satu kali saja dan mempunyai dampak seumur hidup bagi semua orang Kristen. Hal ini tidak hanya menunjukkan penggenapan peristiwa yang terjadi di dalam Perjanjian Lama (Mazmur 110:1), namun juga membawa janji-janji besar dan sukacita untuk kita alami baik sekarang maupun di masa depan.

Yesus Naik ke Suatu Tempat

Ini memperjelas bahwa Yesus tidak menghilang begitu saja, namun Ia pergi ke suatu tempat. Dia perlahan-lahan naik ke surga ketika para murid menyaksikannya dan kemudian awan menghilangkannya dari pandangan mereka. Kenaikan Yesus Kristus memiliki tujuan tertentu karena tubuh kebangkitan-Nya mempunyai keterbatasan khusus – hanya dapat berada di satu tempat pada satu waktu. Namun, Yesus pergi agar Ia dapat mengutus Roh Kudus yang dapat berada di mana-mana setiap saat, tinggal di dalam kita dan melayani sebagai Penolong kita (Kisah 2:33, Yohanes 14:16-17, 16:7).

Hal ini membuka pintu bagi umat Kristiani untuk mengalami keintiman dengan Tuhan yang tiada duanya. Kita mendapatkan kepastian bahwa Tuhan selalu menyertai kita, dan Dia menguatkan kita untuk semakin menginginkan dan menyembah Dia dalam segala hal yang kita lakukan. Roh Kudus memampukan kita memberikan kesaksian yang efektif dalam pelayanan, kemenangan atas dosa, kemenangan atas setan dan menerima karunia-karunia pelayanan.

Yesus Masih Aktif – Umat Kristiani Tidak Ditinggal Sendirian

Kita dapat melihat bahwa Yesus masih aktif sampai sekarang. Pada hari Pentakosta, Petrus mengatakan bahwa Yesus “ditinggikan di sebelah kanan Allah” (Kisah Para Rasul 2:33) dan Paulus menyatakan “Allah sangat meninggikan Dia” (Filipi 2:9). Implikasinya di sini adalah ketika Yesus naik ke surga, Ia menerima kemuliaan, kehormatan dan otoritas yang belum pernah menjadi milik-Nya - sebelumnya sebagai Allah dan manusia.

Yesus Kristus yang duduk di sebelah kanan Allah di surga bukan berarti Dia tidak aktif atau tanpa kendali. Sama seperti seorang raja manusia yang duduk di singgasana kerajaannya pada saat ia diangkat menjadi raja, dan melakukan banyak aktivitas saat ia menjalankan pemerintahannya dari tahta, demikian pula Yesus Kristus menjalankan pemerintahan dan otoritas-Nya atas alam semesta saat Ia duduk di sebelah kanan Tuhan. Menunjuk pada kegiatan ini, Yesus menjadi perantara bagi kita di hadapan Bapa dengan membawa permintaan kita ke hadapan-Nya.

Kenaikan membawa sukacita di hati orang-orang yang beriman

Kita harus ingat bahwa ketika kita merayakan Hari Kenaikan Yesus Kristus, keinginan kita adalah agar hari itu membawa sukacita dan harapan ke dalam hati kita, karena kenaikan Yesus Kristus mempunyai dampak yang signifikan bagi kita saat ini. Karena kita dipersatukan dengan Yesus Kristus dalam setiap aspek karya penebusan-Nya, sebagai orang Kristen kita dapat yakin bahwa masih ada hal-hal lain yang jauh lebih baik daripada apa yang kita lakukan di masa depan.

Ini adalah janji-janji menakjubkan tentang masa depan kita yang duduk bersama Yesus Kristus di sebelah kanan Allah. Kita mungkin belum bisa memahaminya sepenuhnya saat ini, namun kita bisa merindukan hari itu dengan penuh kegembiraan saat kita bisa menikmati hal-hal tersebut. Doa Ray White Kebayoran Senopati, bagi kita semua adalah agar kita tidak meragukan atau melupakan janji-janji ini tetapi dikuatkan ketika kita menghadapi pencobaan.

Semoga Anda mendapat Hari Kenaikan Yesus Kristus yang diberkati dan semoga kebenaran ini memberi Anda kegembiraan yang besar!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share