logo-raywhite-offcanvas

27 Jan 2024

Wiraswasta Mencari Pinjaman Rumah? Pikirkan Beberapa Hal Ini

Wiraswasta Mencari Pinjaman Rumah? Pikirkan Beberapa Hal Ini

Jika Anda seorang wiraswasta, Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Anda mandiri dan melakukan pekerjaan impian Anda, tetapi hal itu juga memiliki banyak tantangan. Salah satunya adalah mendapatkan pinjaman, terutama jika Anda sedang berencana membeli rumah. Banyak wiraswasta tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman rumah karena mereka tidak dapat menyelesaikan uji tuntas yang panjang, yang biasa dilakukan bank untuk memahami kelayakan orang tersebut. Berikut beberapa tantangan yang dihadapi wiraswasta saat mengambil pinjaman rumah:

Pendapatan tidak konsisten

Salah satu alasan utama pemberi pinjaman mungkin tidak menyetujui pinjaman rumah untuk wiraswasta adalah pendapatan yang tidak konsisten. Banyak wiraswasta menjalankan bisnis yang memberi mereka penghasilan selama beberapa bulan dan beberapa bulan lainnya tanpa bisnis. Meskipun ada pula yang memiliki pendapatan konsisten setiap bulannya, bergantung pada kinerja bisnis pada bulan tersebut. Hal ini membuat bank menjauh dan lebih memilih memberikan pinjaman kepada karyawan, karena mereka melihat kemampuan peminjam dalam membayar cicilan bulanan yang tetap. Dalam kasus wiraswasta, hal ini tidak konsisten.

Dalam kasus seperti itu, bank menyetujui pihak yang dapat memberikan uang muka dalam jumlah besar untuk memastikan cicilan bulanan mereka kecil.

Tidak ada pembukuan

Banyak wiraswasta yang tidak mempunyai usaha yang terdaftar sehingga tidak mempunyai pembukuan. Bisnis yang terdaftar, dengan segala pembukuannya, termasuk pengisian pajak selama beberapa tahun terakhir adalah hal yang dibutuhkan bank untuk memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan bulanan. Bank mungkin mengabaikan satu atau dua tahun saat bisnis menurun yang buruk, namun tidak adanya pembukuan sama sekali dapat menjadi penghalang.

Simpanlah pembukuan, termasuk semua keuntungan dan kerugian selama bertahun-tahun adalah penting, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman rumah untuk properti yang Anda inginkan. Anda juga dapat menyewa seorang akuntan untuk melakukan pekerjaan itu untuk Anda, sehingga memudahkan pemberi pinjaman untuk melakukan uji tuntas sebelum menyetujui permintaan pinjaman rumah Anda.

Pengajuan pajak yang tidak konsisten

Banyak wiraswasta memiliki pengajuan pajak yang tidak konsisten. Ini bisa menjadi tantangan di tahap selanjutnya saat mereka ingin mengambil pinjaman rumah. Kemampuan Anda membayar pajak menunjukkan banyak hal tentang penghasilan Anda. Bank memeriksa laporan pengembalian pajak Anda selama dua tahun terakhir untuk memverifikasi pendapatan.

Pastikan Anda membayar pajak secara konsisten dan menjaga formulir yang diperlukan tetap utuh. Serahkan ke bank agar proses persetujuan pinjaman rumah lancar!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share