logo-raywhite-offcanvas

15 Apr 2023

Mudik Lebaran: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Anda Meninggalkan Rumah!

Mudik Lebaran: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Anda Meninggalkan Rumah!

Ramadan sudah hampir berakhir dan Hari Raya Idul Fitri sudah dekat! Rindu kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang di Indonesia. Mudik Lebaran bisa menjadi sebuah perjalanan yang sangat menyenangkan sekaligus membuat Anda stress. Mulai dari pemilihan transportasi yang digunakan, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana membuat perjalanan mudik lebaran menjadi aman dan nyaman.

Dan salah satu yang paling penting, apakah Anda juga sudah membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan untuk rumah Anda sebelum berangkat mudik? Karena selain keluarga, tentu saja rumah Anda merupakan hal berharga yang harus dijaga agar tetap aman saat ditinggalkan.

Pada artikel ini, Ray White Kebayoran Senopati sudah persiapkan 7 hal yang akan berguna untuk Anda sebelum Anda dan keluarga berangkat mudik lebaran. Yuk, simak di bawah ini.

1.      Buatlah Sebuah Daftar

Lakukan pengecekan di semua ruangan pada rumah Anda lalu catatlah apa-apa saja yang harus dilakukan, misalnya saja pada ruang dapur, pastikan seluruh peralatan listrik (kulkas yang sudah dikosongkan, oven, microwave dan kompor) dimatikan. Catatan Anda tersebut nantinya akan membantu Anda untuk mengembalikan semua ke keadaan semula saat kembali pulang ke rumah.

2.      Cek Peralatan Elektronik di Seluruh Ruangan

Matikan lampu yang tidak perlu dan cabut steker peralatan elektronik Anda. Ini tentu saja akan menghemat tagihan listrik Anda dan sebagai cara penting untuk mencegah arus pendek/korslet saat Anda tidak berada di rumah.

3.      Matikan Gas dan Air

Pastikan juga untuk mematikan gas dan tabung elpiji yang terhubung pada kompor di dapur Anda. Periksa seluruh kran air di rumah, matikan pada hari keberangkatan Anda.

4.      Kosongkan Kulkas

Bau busuk yang berasal dari kulkas bukanlah hal menyenangkan yang Anda dapatkan saat kembali ke rumah setelah mudik Lebaran nanti. Anda tetap dapat menyalakan kulkas saat ditinggalkan, namun pilahlah seluruh barang di dalamnya. Pertahankan barang yang memiliki kedaluarsa paling lama dan masih akan Anda gunakan, lalu singkirkan yang tidak digunakan seperti sayuran, buah dan daging. Atau, bila mau lebih aman, kosongkanlah kulkas dan matikan daya listriknya.

5.      Punya Hewan Peliharaan? – Titipkan

Anda bisa mencari tempat penitipan dan perawatan hewan di sekitar area rumah Anda atau temukan seseorang yang bersedia merawat hewan peliharaan Anda, misalnya salah satu tetangga Anda. Pastikan Anda sudah mengenalnya dengan baik, dan akan lebih baik lagi bila orang tersebut juga memiliki hewan peliharaan dan terbiasa merawatnya.

6.      Pasang Kamera CCTV

Bila perlu, Anda bisa memasang kamera CCTV yang bisa dipantau melalui aplikasi di telepon seluler Anda dari jarak jauh. Tentu saja ini berguna untuk Anda, agar liburan Lebaran Anda lebih nyaman dengan kemudahan memantau rumah Anda tetap aman kapan saja.

7.      Kunci Pintu

Jangan lupa kuncilah semua pintu dan jendela pada rumah Anda di hari keberangkatan mudik Lebaran serta informasikan kepada tetangga bahwa Anda akan pergi selama beberapa hari. Berilah pula nomor telepon aktif yang bisa dihubungi oleh tetangga Anda bila terjadi keadaan darurat.

Nikmati mudik Lebaran Anda bersama keluarga dengan aman, nyaman dan menyenangkan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan jelang kemenangan di Hari Raya Idul Fitri Anda dengan hati yang bersih. Mohon maaf lahir dan batin.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share