logo-raywhite-offcanvas

23 Sep 2023

5 Pertanyaan Untuk Anda Diri Sendiri Tentang Pencahayaan Ruang

5 Pertanyaan Untuk Anda Diri Sendiri Tentang Pencahayaan Ruang

Setiap ruangan berbeda, jadi merancang rencana pencahayaan unik untuk setiap ruangan sangatlah penting. Kamar mandi memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda dengan dapur, demikian juga dengan ruang keluarga atau kamar tidur. Selain itu, bohlam lampu tertentu lebih menonjol di beberapa ruangan daripada yang lain, dan terkadang nada atau sudut hangat/dingin lampu juga akan berbeda di setiap ruangan. Untuk membuat skema pencahayaan yang paling sesuai untuk ruangan Anda, Anda harus mulai dengan mengevaluasi kebutuhan ruang dan pencahayaan terlebih dulu. Tanyakan pada diri Anda lima pertanyaan penting ini untuk membuat pilihan yang lebih cerdas saat memasang atau memperbarui lampu Anda.

1. Apakah Warna Lampu Saya Tepat?

Temperatur warna mungkin merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan saat memilih pencahayaan yang tepat untuk sebuah ruangan. Umumnya, suhu warna yang hangat lebih cocok untuk ruang keluarga dan kamar tidur, dan suhu warna yang lebih dingin biasanya digunakan di kamar mandi, ruang belajar, dan dapur. Alasannya adalah karena cahaya berwarna kuning menciptakan suasana santai dan nyaman, sedangkan cahaya berwarna putih atau biru mendorong lingkungan yang lebih energik dengan warna yang lebih tajam.

Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Skema warna ruangan, seperti cat di dinding atau warna kuat furnitur berskala besar seperti lemari, juga dapat menjadi faktor penting saat menentukan suhu warna pencahayaan yang sebaiknya Anda gunakan. Jika Anda memiliki dinding atau furnitur yang lebih gelap di ruangan Anda, maka suhu warna yang lebih hangat akan memperkuat warna tersebut, dan sebaliknya.

Ray White Kebayoran Senopati membahas topik ini secara lebih menyeluruh, namun pada intinya, suhu warna yang tepat untuk ruangan Anda bergantung pada apa yang paling penting bagi Anda – suasana, warna, atau daya tarik visual ruangan – jadi pilihlah dengan bijak.

2. Apakah Pencahayaan Saya Memiliki Lapisan Pijar?

Seorang desainer pencahayaan juga melapisi cahaya untuk menciptakan skema pencahayaan yang seimbang. Tiga lapisan desain pencahayaan yaitu pencahayaan sekitar, sesuai fungsi dan aksen, sangatlah penting untuk menjaga daya tarik visual ruangan dan juga untuk tujuan praktis. Pikirkan tentang peran yang dimainkan setiap jenis pencahayaan. Lapisan pencahayaan sekitar adalah penerangan umum, lapisan fungsi memberikan pencahayaan terarah sesuai fungsi cahaya tersebut, dan lapisan aksen lebih untuk tujuan dekoratif seperti lampu latar atau menyorot karya seni dan fitur arsitektur. Di ruangan yang sering dikunjungi orang seperti ruang keluarga, dapur, kamar tidur dan ruang belajar, penting untuk menerapkan lapisan ini dengan hati-hati.

3. Apakah Perlengkapan Lampu Sesuai dengan Tujuan dan Gaya Ruangan Saya?

Anda juga harus mempertimbangkan perlengkapan lampu kamar Anda. Apakah mereka melengkapi tema atau desain ruangan Anda, atau apakah perlu diperbarui? Misalnya saat ini Anda memiliki ruangan yang lebih kecil dengan perlengkapan lampu yang besar, karena perlengkapan ini memakan terlalu banyak ruang sehingga membuat ruangan Anda terasa sempit. Contoh lainnya adalah jika Anda tinggal di rumah tua, dan perlengkapan lampu Anda mungkin sudah sedikit ketinggalan jaman.

4. Apakah Saya Membutuhkan Peredup?

Peredup dapat melakukan banyak hal untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa ruangan. Mampu menyesuaikan tingkat cahaya akan memastikan ruangan Anda mendapat penerangan yang nyaman kapan saja sepanjang hari. Peredup juga menghemat energi, membuat bohlam bertahan lebih lama, dan mudah dipasang. Jadi bagaimana Anda tahu jika ruangan Anda membutuhkan peredup?

Biasanya, ruangan terbaik untuk peredup adalah dapur, ruang makan, ruang keluarga, dan kamar tidur karena Anda menghabiskan paling banyak waktu di dalamnya. Sebelum Anda menyambungkan lampu ke peredup, pastikan lampu tersebut secara spesifik menyatakan bahwa lampu dapat diredupkan pada kemasannya.

5. Apakah Sekarang Saat yang Tepat untuk Meningkatkan Lampu Hemat Energi?

Kapan pun adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ke lampu yang lebih hemat energi. Namun, bagi mereka yang ragu untuk mulai beralih ke lampu LED, ada beberapa cara yang lebih menguntungkan untuk dilakukan dibandingkan yang lain.

 

Tentu saja, ada banyak faktor yang berperan ketika memilih pencahayaan untuk sebuah ruangan. Jika Anda mengikuti tips di atas, pasti akan menerangi rumah Anda seperti seorang profesional sebelum Anda menyadarinya!

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau komentar? Sampaikan pendapat Anda kepada kami di sini.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share