logo-raywhite-offcanvas

30 Sep 2023

Hari Batik Nasional: Mengenal Dan Belajar Batik Nusantara

Hari Batik Nasional: Mengenal Dan Belajar Batik Nusantara

Batik merupakan ekspresi budaya yang memiliki makna simbolik dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikannya yang indah membentuk karakter bangsa yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga dapat menjadi jati diri bangsa.

Dua hari lagi adalah Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Hari tersebut ditetapkan agar masyarakat Indonesia, termasuk Ray White Kebayoran Senopati, semakin mengenal dan mengapresiasi warisan budaya Indonesia.

Kami merasa beruntung bisa memakai batik di beberapa event internal, di kantor dan terutama saat bertemu dengan Anda, klien kami. Ini merupakan suatu kebanggaan. Karenanya sebagai apresiasi Ray White Kebayoran Senopati terhadap batik, pada artikel kali ini, kami membahas Rumah Batik Palbatu secara khusus untuk mengenal proses membatik dan belajar membuat corak batik!

 

Proses membuat batik di Rumah Batik Palbatu dimulai dengan beberapa tahapan yaitu membuat motif dan pola batik, nyanting, pewarnaan dan penguraian warna serta pelepasan lilin. Biasanya pembuatan batik membutuhkan waktu sekitar satu minggu bahkan lebih. Barulah setelahnya kain batik tersebut dijadikan pakaian atau produk batik lainnya.

Sebenarnya, batik dapat dibuat melalui dua teknik konvensional. Pertama dibuat dengan cara menggambar titik dan garis dengan canting, yang kedua dengan mencetak motif atau pola dengan stempel tembaga yang disebut cap. Lilin yang tahan terhadap pewarna memungkinkan pengrajin mewarnai kain dengan merendamnya dalam satu warna pada satu waktu. Pengrajin kemudian mulai menghilangkan lilin dengan air mendidih dan mengulangi proses tersebut beberapa kali untuk mencapai hasil desain yang diinginkan.

Batik biasa digunakan masyarakat Indonesia dalam berbagai ritual, tradisi dan perayaan. Selain itu, motifnya membawa berbagai makna simbolis yang terikat dengan warisan budaya Indonesia. Varian batik yang unik juga digunakan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, pertemuan penting, bahkan pertunjukan wayang di teater tradisional.

Kerajinan membatik sangat terkait dengan identitas budaya masyarakat Indonesia. Warna dan desain digunakan untuk mengekspresikan kreativitas dan keyakinan spiritualitas seseorang.

Sepanjang 78 tahun kemerdekaannya, bangsa ini terus melestarikan keunikan budaya dan tradisinya karena tanah air kita ini memang kaya. Jadi bersikaplah imajinatif. Galilah untuk bekerja. Kita berada tanah air terindah di dunia. Selamat Hari Batik Nasional.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share