logo-raywhite-offcanvas

13 May 2023

Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Rumah

Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Rumah

Pernahkah pada suatu ketika Anda berkata pada diri sendiri, "Jika saya memiliki sedikit lebih banyak ruang di sini, saya dapat memuat semuanya"? Kekacauan dan kurangnya ruang penyimpanan dapat membuat rumah terasa sempit. Untungnya, Anda tidak harus seperti ini. Berikut adalah beberapa tips Ray White Kebayoran Senopati yang dapat Anda gunakan untuk menambah ruang penyimpanan rumah Anda tanpa harus merenovasi seluruh rumah Anda.

Sebelum Anda dapat menambah penyimpanan rumah, Anda harus merapikannya terlebih dulu.

Bagian tersulit dalam memaksimalkan ruang penyimpanan rumah Anda adalah merapikannya terlebih dulu! Banyak pemilik rumah menemukan bahwa begitu mereka mulai merapikan barang-barang, maka akan jauh lebih mudah untuk membuat lebih banyak ruang.

 

Untuk membuat proses merapikan ruang tidak terlalu berlebihan, cobalah dua hal ini.

Pertama, dedikasikan beberapa jam untuk ruangan yang paling berantakan. Misalnya, Anda dapat mendedikasikan 6 jam total untuk kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Memiliki rencana ruangan mana yang akan ditangani dan untuk berapa lama akan mencegah Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan apa yang perlu Anda lakukan.

Kedua, pertimbangkan untuk membuat tiga tumpukan terpisah untuk setiap ruangan yang berantakan.

1.      Hal-hal yang Anda gunakan setidaknya sebulan sekali

2.      Hal-hal yang tidak Anda gunakan dalam enam bulan terakhir

3.      Barang-barang yang memiliki nilai sentimental

Tumpukan 1 akan berisi semua yang akan Anda simpan dalam beberapa langkah berikutnya. Tumpukan 2 akan memiliki semua yang dapat Anda sumbangkan atau buang. Jika Anda ragu untuk membuangnya, tanyakan pada diri Anda — kapan saya benar-benar akan menggunakan ini lagi? Menyimpan barang-barang yang mungkin tidak akan Anda gunakan adalah penyebab besar kekacauan!

Tumpukan 3 akan berisi hal-hal yang mungkin tidak Anda gunakan secara teratur tetapi memiliki arti khusus. Pikirkan hal-hal seperti buku tahunan sekolah menengah atau foto-foto lama. Sekali lagi, pertanyaan kunci untuk ditanyakan pada diri sendiri adalah "Mengapa saya menyimpan ini?"

Jika Anda tidak ingin lagi menyimpannya, buang saja. Jika Anda benar-benar ingin menyimpannya, buatlah tumpukan memorabilia, dan bersiaplah untuk mengelompokkan yang disukai dengan dengan yang kurang disukai.

Pengelompokan suka dengan tidak suka adalah solusi penyimpanan yang kuat

Setelah memisahkan tumpukan barang yang akan disimpan dan dibuang, mulailah mengelompokkan barang yang disuka dengan tidak disuka. Salah satu penyebab terbesar kekacauan adalah menyimpan barang-barang secara sembarangan di tempat yang tidak terlihat. Meskipun itu mungkin solusi cepat saat tamu datang tak terduga, namun ini bukan cara yang untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di rumah Anda.

Simpan peralatan kecil Anda di lemari yang sama. Pertimbangkan untuk menggunakan pemisah di lemari untuk memisahkan pakaian yang lebih berat seperti jeans dan sweater dari pakaian yang lebih ringan seperti gaun. (Anda dapat melakukan hal yang sama untuk memisahkan pakaian kasual dan formal).

Pertimbangkan tempat tidur dengan laci penyimpanan untuk kamar tidur

Tempat tidur dengan laci penyimpanan semakin populer. Tempat tidur ini memungkinkan Anda meletakkan barang di ruang laci yang disertakan di dasar tempat tidur. Meskipun ini lebih merupakan investasi, tempat tidur dengan laci penyimpanan dapat memaksimalkan ruang penyimpanan di kamar tidur.

 

Manfaatkan ruang dinding untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di rumah

Kehabisan lemari dan ruang kabinet membuat frustrasi banyak pemilik rumah. Solusi penyimpanan yang baik untuk kasus ini adalah dengan menggunakan ruang dinding untuk menyimpan barang.

Anda bisa mulai dengan memasang rak apung di dinding kosong. Rak-rak ini dapat dibuat sebelumnya dari toko pembuat rak di area sekitar rumah Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan rak dengan ukuran yang sesuai, pastikan rak itu rata, dan kencangkan ke dinding.

Anda dapat menggunakan rak ini untuk menyimpan peralatan kecil seperti pembuat kopi atau blender. Anda juga dapat menggunakannya sebagai hiasan, dengan tanaman hias kecil atau buku (berhati-hatilah agar tidak membebani rak dengan buku yang berat).

Ruang penyimpanan di rumah berarti semuanya harus konsisten melakukannya!

Salah satu tantangan terbesar yang sebenarnya dihadapi pemilik rumah adalah secara konsisten meletakkan barang-barang di rumah mereka. Ini sering dimulai di dapur. Anda mungkin mengeluarkan pisau kecil untuk digunakan di atas meja untuk menyiapkan makanan. Kemudian Anda lupa mengembalikannya ke laci penyimpanan pisau tersebut. Tetap berada di atas meja, dan begitu seterusnya sehingga barang akan menumpuk di atas meja.

Saat Anda memiliki ruang penyimpanan khusus untuk semua barang, maka Anda akan cenderung menyimpannya secara konsisten. Ini termasuk piring kotor. Misalnya, jika Anda memiliki mesin pencuci piring (dishwasher), jadikan itu sebagai tempat untuk piring kotor, daripada membiarkannya di wastafel.

Semoga ini berguna untuk Anda dan selamat mencoba!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share