logo-raywhite-offcanvas

22 Jun 2024

Cara Menghemat Uang Saat Membangun Rumah Tanpa Mengorbankan Kualitas

Cara Menghemat Uang Saat Membangun Rumah Tanpa Mengorbankan Kualitas

Membeli atau membangun rumah adalah pembelian termahal yang dilakukan kebanyakan orang seumur hidup mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, biaya membangun rumah (dan juga membeli rumah meskipun Anda tidak sedang membangun) telah meningkat pada tingkat yang lebih tinggi dari rata-rata.

Peningkatan ini terjadi karena beberapa alasan, termasuk peningkatan permintaan bahan bangunan, kenaikan biaya bahan baku yang mahal, dan di banyak tempat, kurangnya ketersediaan perumahan. Biaya tenaga kerja juga meningkat seiring berjalannya waktu.

Meskipun membangun rumah adalah pekerjaan yang mahal, ini juga merupakan investasi jangka panjang. Membangun rumah dengan cerdas berarti Anda dapat memaksimalkan investasi tersebut. Menghabiskan uang dengan bijak adalah kunci investasi “cerdas” saat membangun rumah.

Jadi, apa yang dapat Anda, sebagai pemilik rumah, lakukan? Baca terus untuk mencari tahu.

 

PILIH DESAIN YANG KOMPAK

Desain kompak tidak hanya dapat ditempatkan di lahan yang lebih kecil (sehingga menghemat biaya pembebasan lahan, lansekap, dan bahkan pajak properti seiring berjalannya waktu), namun lebih sedikit bahan, biaya dan jam kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konstruksi.

Selain biaya pembebasan lahan dan konstruksi, biaya untuk melengkapi desain rumah kompak juga jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah yang lebih besar. Banyak pemilik rumah lupa memperhitungkan biaya yang berkaitan dengan barang-barang seperti tirai jendela, permadani, perabotan ruang tamu dan ruang makan, serta biaya dekorasi lainnya saat mendesain rumah baru. Memiliki perabotan yang lebih sedikit memungkinkan pemilik rumah dapat memilih perabotan berkualitas lebih tinggi.

Singkirkan ruang yang kurang dimanfaatkan adalah cara ideal untuk menciptakan desain rumah yang kompak yang mampu mencapai manfaat gaya hidup yang sama seperti yang Anda harapkan dari rumah yang lebih besar.

 

PRIORITASKAN PENGELUARAN ANDA

Kami telah mengurutkan di mana Anda harus memfokuskan dana berdasarkan prioritas untuk memastikan Anda meminimalkan biaya membangun rumah, sekaligus memaksimalkan hasil akhir Anda:

KEGUNAAN

Rumah yang dirancang dengan baik dan fungsional akan membantu Anda melewati berbagai tahap kehidupan, artinya Anda dapat tinggal di rumah yang sama untuk waktu yang sangat lama. Kualitas ruang akan memastikan Anda senang tinggal di rumah dan menikmati pengalaman sehari-hari berada di ruang Anda.

Ringkasan desain akan membantu Anda mengidentifikasi ruang dan aspek mana dari program fungsional yang ‘harus dimiliki’ dan mana yang ‘bagus untuk dimiliki’. Misalnya, jika Anda sering bekerja dari rumah, kantor di rumah yang nyaman adalah hal yang “harus dimiliki” namun jika Anda hanya menggunakan kantor di rumah untuk membayar tagihan dan menyimpan dokumen, mungkin hal tersebut “menyenangkan untuk dimiliki”. Demikian pula, pertimbangan desain akan berbeda bagi orang yang membangun “rumah selamanya” dibandingkan dengan mereka yang membangun “rumah sementara”.

KUALITAS RUANG

Beberapa aspek yang akan meningkatkan kualitas ruang dalam sebuah rumah antara lain akses terhadap cahaya alami, menciptakan hubungan yang bermakna antar ruang, memungkinkan rumah memenuhi kebutuhan dan keinginan baru seiring berjalannya waktu, dan menyediakan koneksi dengan alam. Kami membahas banyak topik ini secara lebih rinci di berbagai artikel lainnya untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana desain rumah modern dapat meningkatkan kualitas hidup Anda,

Rumah yang dirancang dengan mempertimbangkan kualitas ruang, akan memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak manfaat kualitas hidup yang lebih baik dengan lebih sedikit ukuran luas, lebih sedikit ruang yang terbuang, lebih sedikit renovasi dan perubahan, lebih sedikit kemungkinan Anda mengeluarkan biaya untuk memindahkan atau membangun rumah lain dalam beberapa tahun yang singkat.

KUALITAS KONSTRUKSI

Pastikan Anda bekerja sama dengan desainer dan pembangun rumah yang memiliki reputasi baik serta mempekerjakan orang-orang yang berpengalaman dalam mengerjakan rumah serupa dengan milik Anda. Jangan takut untuk meminta referensi!

Pertimbangkan apakah Anda harus melibatkan konsultan untuk membantu proyek tersebut berdasarkan:

Iklim – jika mengalami cuaca ekstrem di daerah Anda, mungkin ingin menghubungi insinyur struktur atau konsultan bangunan untuk memastikan konstruksi rumah Anda tahan terhadap cuaca.

Lokasi – misalnya, harus membangun rumah yang tersertifikasi “aman terhadap kebakaran” karena banyaknya kebakaran hutan yang terjadi di area tersebut.

Desain rumah – beberapa rumah yang secara teknis rumit mungkin memerlukan insinyur struktur untuk mengesahkan gambar dan memberikan masukan tentang metode atau bahan konstruksi untuk memastikan rumah tersebut aman.

ELEMEN DESAIN JANGKA PANJANG

Sekarang setelah Anda memiliki desain rumah fungsional yang Anda sukai, dan telah menyewa pembangun yang memiliki reputasi baik, inilah saatnya untuk fokus pada elemen desain rumah yang mahal dan/atau sulit diubah di kemudian hari. Memprioritaskan elemen-elemen ini dalam keseluruhan anggaran akan memastikan bahwa Anda tidak mengorbankan kualitas dan akan menghemat uang dalam jangka panjang.

Pertama-tama – bagian mana dari desain rumah yang sulit atau mahal untuk diubah nantinya?

Elemen yang sulit dan mahal untuk diubah termasuk jendela, lantai, lemari dapur dan kamar mandi serta unit built-in lainnya, dan bahan atap. Prioritaskan untuk membeli kualitas terbaik yang Anda mampu.

Saat memilih elemen yang mahal untuk diubah, penting juga untuk memanfaatkan strategi yang akan membantu Anda mendesain rumah abadi. Beberapa elemen yang menciptakan rumah abadi antara lain pemilihan material alami bila memungkinkan, dan pemilihan warna netral untuk elemen yang lebih permanen.

Mendesain rumah yang abadi dan memprioritaskan pengeluaran untuk elemen yang lebih permanen pada desain rumah Anda, mungkin tidak menghasilkan penghematan biaya langsung atau signifikan, namun mengetahui bahwa Anda telah memilih elemen yang abadi akan memberi Anda kepercayaan diri untuk memprioritaskan pengeluaran sekarang, dan dapat menghemat di kemudian hari.

UNSUR DESAIN YANG TRENDY DAN MUDAH DIPERBARUI

Meja dapur dan perangkat keras seperti penarik kabinet, kenop pintu, dan rak handuk sangat mudah diganti. Jika anggaran Anda terbatas, pilihlah bahan yang lebih murah selama tahap konstruksi dan belanjalah secara royal jika anggaran Anda memungkinkan.

Tirai jendela harus fungsional dan tirai yang berkualitas buruk dapat merusak tampilan jendela baru Anda yang indah. Namun, kini tersedia banyak tirai jendela dengan harga terjangkau yang fungsional dan menarik.

 

MENCEGAH KELEBIHAN BIAYA

Tentu saja tidak ada seorang pun yang mengharapkan anggaran berlebih saat mereka mulai membangun rumah, namun mengikuti tips berikut mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk menghemat uang saat membangun rumah.

1.      Buatlah semua keputusan terlebih dahulu, dan pastikan bahwa keputusan tersebut didokumentasikan dengan baik.

2.      Tandatangani kontrak dengan pembangun Anda. Mintalah dokumen tersebut ditinjau oleh pengacara sebelum ditandatangani untuk memastikan hak Anda terlindungi.

3.      Jangan berubah pikiran - Biayanya mahal. Inilah sebabnya mengapa perencanaan sangat penting.

4.      Pertahankan proyek sesuai jadwal – pastikan Anda menyertakan jadwal proyek dalam kontrak Anda dan jaga agar pembangun Anda bertanggung jawab terhadap jadwal tersebut.

5.      Pastikan anggaran untuk pembangun Anda realistis.

6.      Pertimbangkan kontrak dengan harga tetap (jumlah yang ditentukan).

7.      Beli denah rumah yang telah dirancang sebelumnya. Mengetahui dengan pasti seperti apa rumah baru Anda dan memiliki gambar yang akurat dan lengkap akan memungkinkan Anda mendapatkan anggaran yang akurat dari calon pembangun rumah dan akan membuat mereka lebih terbuka untuk menandatangani kontrak dengan harga tetap (jumlah yang ditentukan).

 

Meskipun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membangun rumah baru, memilih denah rumah yang dirancang dengan baik, memprioritaskan pengeluaran Anda, dan meluangkan waktu untuk merencanakan detail proyek Anda semuanya dapat membantu Anda meminimalkan biaya membangun rumah baru dan juga pastikan bahwa Anda menyukai tempat tinggal Anda selama bertahun-tahun yang akan datang!

 

Ray White Kebayoran Senopati , Your Property Solutions!

Share