logo-raywhite-offcanvas

25 Nov 2023

Bagaimana Bernegosiasi Saat Pembelian Rumah Berikutnya

Bagaimana Bernegosiasi Saat Pembelian Rumah Berikutnya

Membeli rumah adalah keputusan finansial terbesar yang pernah Anda buat, dan Anda ingin memastikan agar bisa mendapatkan harga terbaik. Pada artikel kali ini, Ray White Kebayoran Senopati memberikan beberapa tip dan trik cerdas untuk membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri saat bernegosiasi jual beli rumah.

Atur keuangan Anda. Penawaran Anda kemungkinan besar tidak akan disukai penjual jika belum menyertakan pra-persetujuan KPR. Beberapa agen real estate bahkan tidak akan menunjukkan properti kepada pembeli kecuali mereka telah mendapat persetujuan pinjaman KPR sebelumnya. Karena prosesnya kadang-kadang bisa memakan waktu berbulan-bulan, yang terbaik adalah memulainya lebih awal, sehingga Anda akan mendapatkan semua kemudahaan secara berurutan.

Pertimbangkan nilai rumah. Daripada berfokus pada harga, fokuslah pada nilai properti. Anda dapat menggunakan harga penjualan terkini di lingkungan sekitar untuk mendukung posisi Anda. Jika sebuah properti dihargai di bawah harga pasar, jangan berharap banyak ruang gerak. Jika harganya di atas harga pasar, Anda punya ruang untuk bernegosiasi.

Tanyakan mengapa penjual tersebut menjualnya. Semakin banyak Anda mengetahui tentang penjual, semakin baik Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda. Apakah orang tersebut sudah mempunyai rumah baru? Apakah ada kematian atau perceraian yang terlibat? Mungkinkah penjualnya masih mencari tempat baru? Ini adalah hal-hal yang dapat membantu Anda menentukan apakah penjual lebih memilih menjual cepat atau lebih lama.

Riset. Gunakan listing real estate online dan catatan publik untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang penjual, rumah, dan lingkungan sekitar. Anda dapat memanfaatkan berbagai sumber untuk mengetahui apakah penjual sedang dalam proses perceraian atau rumah sedang dalam penyitaan. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, Anda akan semakin percaya diri.

Jangan khawatir tentang dekorasi. Saat Anda membeli rumah, Anda harus lebih fokus pada elemen struktural daripada dekorasi. Jauh lebih sulit untuk mengubahnya dibandingkan dengan karpet, meja dapur, peralatan rumah tangga, dan perawatan jendela. Biarkan hal-hal kecil berlalu, dan fokuslah pada hal yang paling penting.

Tambahkan insentif. Kebanyakan pembeli menganggap uang selalu menjadi faktor utama bagi penjual; namun, hal ini tidak selalu terjadi. Jika Anda tahu penjual lebih memilih untuk menjual rumah dengan cepat, Anda dapat menawarkan untuk menjadwalkan inspeksi secepatnya, uang tanda jadi yang besar atau pembayaran yang lebih cepat. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat mendorong penjual untuk menerima tawaran yang lebih rendah.

Bersikaplah responsif. Penting bagi Anda untuk merespons tawaran balik secepat mungkin. Penundaan apa pun akan membuka peluang bagi pembeli lain untuk ikut campur dan menciptakan perang penawaran. Penundaan juga akan membuat penjual merasa Anda tidak begitu tertarik. Bersiaplah untuk skenario apa pun, sehingga Anda dapat dengan cepat menanggapi tawaran balik apa pun dengan tawaran balik Anda sendiri yang mencakup persyaratan spesifik yang tidak akan merusak kesepakatan.

Biarkan kami membantu Anda mendapatkan rumah idaman Anda secepatnya, hubungi kami di sini.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share