logo-raywhite-offcanvas

11 Nov 2023

Aturan Ruang Keluarga: Anjuran dan Larangan

Aturan Ruang Keluarga: Anjuran dan Larangan

Dalam hal dekorasi, memahami aturan dasar ruang keluarga tentang tata letak dan desain, dapat membantu Anda menciptakan ruang yang terasa seimbang, fungsional, dan lengkap. Perhatikan ukuran dan jarak furnitur yang tepat, jumlah dekorasi dan aksesori yang tepat, bentuk dan ukuran karpet yang sesuai, serta penempatan pencahayaan yang benar, yang semuanya dapat mengubah tampilan dan nuansa ruangan.

Baca terus artikel ini untuk mengetahui ide dekorasi ruang tamu yang akan mengubah ruangan Anda dan membuatnya lebih menarik dan nyaman.

Tata Letak Ruangan

Saat menentukan tata letak ruang keluarga, tambahkan titik fokus di sekitar ruangan, seperti dekorasi aksesoris, rak buku, atau jendela. Dan untuk menciptakan keseimbangan dalam ruangan, gabungkan perabot, pencahayaan, dan aksesori, seperti tanaman, dengan ketinggian berbeda. Pertimbangkan untuk mengapit sofa rendah dengan lampu lantai tinggi dan tanaman berukuran sedang.

Furnitur

Membeli furnitur berkualitas terbaik sesuai yang Anda mampu, berarti furnitur tersebut akan lebih tahan lama. Misalnya, sofa dengan kualitas rata-rata harus bertahan setidaknya 10 tahun sedangkan sofa kelas atas harus bertahan hingga 25 tahun. Selain kualitas, ukuran, tata letak, dan jarak furniture, semuanya akan mempengaruhi seberapa seimbang tampilan dan nuansa ruang keluarga.

Ukuran Furnitur

Skala atau ukuran furnitur dapat membuat ruangan terasa nyaman, sempit, atau kosong. Jika Anda mengetahui ukuran kasar sebuah furnitur, Anda dapat merencanakan tata letaknya dengan lebih baik.

Saat melengkapi ruang keluarga yang besar, gunakan furnitur yang lebih besar dan hindari menambahkan terlalu banyak furnitur kecil karena ruangan akan terlihat berantakan. Ruang keluarga yang lebih kecil membutuhkan furnitur yang lebih kecil, tetapi tetap minimalis dan carilah perabot yang multifungsi. Sesuaikan juga pilihan furnitur Anda berdasarkan ukuran ruangan yang Anda miliki. Misalnya, di ruangan kecil, pilihlah kursi beraksen atau kursi empuk daripada sofa tiga dudukan.

Tata Letak

Anda tidak selalu perlu mendorong semua furnitur Anda ke dinding. Untuk meningkatkan percakapan di rumah, tarik furnitur menjauh dari dinding menjadi area tempat duduk yang intim. Pilihan tata letaknya bisa berupa penempatan di tengah ruangan, penataan dua sofa yang saling berhadapan, atau penggunaan satu atau dua kursi di sisi sofa.

Jarak

Menata furnitur dan mengetahui seberapa jauh jarak sofa dari dinding bisa membingungkan. Berikut adalah beberapa pedoman pengukuran:

·       Jarak antara sofa dan meja kopi: 40 cm hingga 45 cm.

·       Jarak antara dinding dan sofa: minimal 2,5 cm untuk mencegah kerusakan pada dinding atau furnitur

·       Jarak antara kursi bersebelahan: 70 cm hingga 100cm (agar dapat memuat meja kecil di antara kursi)

·       Area jalan yang ideal: lebar 70 cm hingga 90 cm


Karpet

Jika Anda tidak memiliki karpet dari dinding ke dinding, pilihlah satu atau dua karpet ruang keluarga untuk membantu menentukan zona tempat duduk dan menyatukan ruang. Ada banyak pilihan warna dan corak, namun ukuran dan penempatan karpet akan mempengaruhi perasaan Anda di dalam ruangan.

Ukuran Karpet

Ukuran karpet untuk ruang tamu Anda tidak boleh terlalu kecil. Idealnya, keempat kaki perabotan harus pas diatasnya. Setidaknya kaki depan setiap perabot harus pas di atas karpet.

Penempatan Karpet

Gunakan karpet untuk menutupi seluruh lantai ruang keluarga, hampir seperti karpet dari dinding ke dinding. Atau Anda bisa meletakkan karpet di tengah ruangan jika furnitur Anda ditarik menjauhi dinding.


Pencahayaan

Pertimbangkan perpaduan pencahayaan overhead, ambient, dan task lighting untuk ruang keluarga. Pencahayaan berlapis berarti semua sudut gelap dapat dengan mudah diterangi menggunakan berbagai jenis perlengkapan pencahayaan yang akan menciptakan suasana berbeda.

Lampu Lantai

Lampu lantai sering kali ditempatkan di sudut gelap atau di tempat yang tidak ada ruang untuk lampu meja. Lampu lantai dirancang untuk menerangi area kecil. Hindari paparan sinar yang dapat merusak mata Anda jika Anda melihat ke atas dari posisi duduk.

Lampu Atas

Di ruang keluarga, lampu gantung harus digantung sekitar 75 cm hingga 90 cm di atas permukaan tempat pemasangannya.

Lampu Meja

Lampu meja pada meja samping akan menambahkan cahaya lembut ke ruang keluarga. Ketinggian yang tepat untuk lampu meja yang Anda gunakan untuk membaca bergantung pada permukaan tempat Anda meletakkannya. Namun secara umum, bagian bawah kap lampu harus setinggi mata saat Anda duduk di dekatnya sehingga Anda dapat menghindari cahaya dari bohlam.

Lampu Dinding

Lampu yang dipasang di dinding akan menambahkan karakter dan aksen pencahayaan pada ruang keluarga. Tempatkan di sudut gelap, atau di antara tepian jendela.


Aksesoris

Pilihan bantal, karya seni, dan bahkan barang elektronik akan menentukan suasana ruang keluarga. Aksesori dapat menonjolkan gaya sebuah ruangan, menonjolkan ruang untuk memberi kesan, atau menjadi titik fokus di ruang keluarga, tergantung di mana barang-barang tersebut ditempatkan.

Aksen

Gunakan bantal dengan hati-hati sebagai aksen tanpa berlebihan. Bantal menjadi terlalu banyak jika Anda harus memindahkannya sebelum duduk di sofa atau kursi. Meskipun ukurannya kecil, bantal memiliki dampak dekoratif yang besar di ruang keluarga, jadi pastikan untuk berinvestasi pada kain dengan kualitas terbaik.

Memilih bantal yang tepat akan mempercantik furnitur dan menambah tampilan ruangan secara keseluruhan. Mereka juga tidak harus cocok dalam warna atau pola. Pilih dalam tiga warna dari skema ruangan Anda dan dalam tiga pola atau tekstur berskala berbeda untuk menambah karakter pada ruangan.

Dekorasi

Dekorasi dinding menghiasi ruang keluarga, tapi berapa banyak karya seni yang cukup di dinding Anda? Gantungkan karya seni secukupnya untuk menutupi sekitar 60 persen pada satu dinding, biarkan 40 persen lainnya kosong untuk memberikan istirahat pada mata dan menjaga dinding agar tidak terlihat terlalu sibuk. Pilih saja tiga karya seni untuk digantung dalam satu kelompok.

Elektronik

Masukkan televisi ke dalam dekorasi ruang keluarga tanpa menjadi titik fokus. Hiasi sekeliling televisi dengan karya seni atau furnitur sehingga menjadi bagian dekorasi ruangan. Pasang televisi di dinding setinggi mata dari posisi duduk, namun bisa lebih tinggi (atau bahkan lebih rendah) tergantung pada ukuran layar, tinggi badan rata-rata keluarga Anda, dan kenyamanan menonton.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share