logo-raywhite-offcanvas

18 Mar 2023

Mengapa Bank Bisa Menolak Pengajuan KPR Anda

Mengapa Bank Bisa Menolak Pengajuan KPR Anda

Meskipun mereka memikat Anda dengan janji pencairan cepat dan jaminan pemrosesan pinjaman rumah yang bebas repot, bank tetap akan melakukan beberapa pemeriksaan pada Anda, sebelum mereka menyetujui aplikasi pinjaman rumah Anda. Di antara pemeriksaan ini, jika mereka menemukan satu alasan bagus yang membuat peminjam tampak seperti berisiko, mereka akan menolak aplikasi pinjaman rumah Anda. Dalam artikel ini, Ray White Kebayoran Senopati mencantumkan alasan-alasan itu. Beberapa sudah diketahui dan beberapa tidak diketahui secara umum, terutama yang menjadi dasar pemberi pinjaman dapat menolak aplikasi pinjaman rumah Anda.

Skor kredit buruk

Kita semua berbeda dan berurusan dengan uang secara berbeda. Namun, bukti pinjaman apa pun yang pernah dibuat, akan disebutkan dalam riwayat kredit Anda. Sebagai langkah pertama saat memproses aplikasi pinjaman, bank akan mengakses laporan BI Checking Anda dari biro kredit. Skor kredit diberikan oleh biro kredit kepada peminjam berdasarkan riwayat perbankan/pembayaran terakhir. Jika skor kredit rendah yaitu pada skala 600 hingga 900, maka bank akan menolak aplikasi Anda.

Sering berganti pekerjaan

Menurut Anda, ini tentu bukan urusan mereka, selama Anda memiliki pekerjaan yang stabil dan memiliki kemampuan membayar. Namun, lembaga keuangan juga mencatat fakta jika Anda telah cukup sering berganti pekerjaan, maka mereka berasumsi bahwa Anda mungkin tidak memiliki komitmen dan stabilitas yang bertindak sebagai prasyarat untuk memenuhi kewajiban pembayaran cicilan jangka panjang seperti pinjaman rumah.

Sifat pekerjaan

Tidak seperti peminjam dari kelas karyawan yang bergaji, wiraswasta merasa lebih sulit untuk mendapatkan pinjaman rumah, terutama jika mereka memiliki usaha kecil. Peminjam wiraswasta tidak mendapat kepercayaan yang sama di antara pejabat bank, seperti yang didapatkan oleh karyawan yang digaji sebagai orang yang menikmati tingkat keamanan kerja dan pendapatan stabil tertentu. Bagi wiraswasta untuk mendapatkan pinjaman, mereka harus memiliki kertas kerja yang bagus, sebelum mereka mendekati bank. Jika bank menemukan celah sehubungan dengan penghasilan, bisnis, atau pengajuan pajak penghasilan Anda, mereka tidak akan membuang banyak waktu dan akan menolak aplikasi Anda.

Jenis pekerjaan

Bank juga menahan diri untuk tidak menawarkan pinjaman kepada karyawan tetap yang bekerja di sektor tertentu, karena asumsi risiko dalam memberikan pinjaman pada kategori ini. Orang-orang yang bekerja di departemen kepolisian misalnya, akan kesulitan menemukan bank yang bersedia memberikan pinjaman kepada mereka. Hal yang sama berlaku untuk pengacara dan jurnalis. Peminjam tersebut mungkin harus menyediakan penjamin untuk pinjaman rumah mereka, untuk mengamankan kreditnya. Bank juga menyimpan daftar perusahaan pembangun yang telah mereka larang pendanaannya. Jika pembangun ada dalam daftar ini, Anda mungkin harus mencari pemberi pinjaman lain.

Penolakan sebelumnya

Bank akan mengetahui aplikasi pinjaman rumah Anda telah ditolak oleh pemberi pinjaman lain, segera setelah mengakses laporan BI Checking Anda. Selain fakta bahwa Anda telah mengalami penolakan, laporan kredit juga akan menyebutkan alasan yang mendasari keputusan bank untuk menolak permintaan pinjaman rumah Anda. Hal ini memberi pemberi pinjaman alasan untuk khawatir dan menerapkan pemeriksaan yang lebih tinggi pada peminjam tersebut.

Properti berada di zona merah

Bank biasanya memiliki daftar area properti yang dikategorikan sebagai zona merah, di mana mereka tidak membiayai pembelian properti, karena mereka menganggap lokasi tersebut sebagai proposisi berisiko.

Ada juga jenis properti tertentu yang bank tidak menawarkan pinjaman. Meskipun mereka akan sangat bersedia meminjamkan uang untuk proyek yang sedang dibangun, misalnya jika propertinya sudah tua dan bobrok.

Pembebanan atas properti

Bahkan di daerah yang tidak masuk dalam daftar zona merah, bank akan menahan diri dari pembiayaan pembelian properti, jika dokumennya diragukan. Selama pelaksanaan penilaian, bank akan menentukan apakah penjual berwenang secara hukum untuk melakukan transaksi, sambil melacak kebenaran dokumen properti. Bank tidak akan pernah membiayai properti yang terjebak dalam pertempuran hukum atau keuangan apa pun.

 

Properti yang dinilai terlalu tinggi

Bank mengirim ahli teknis untuk mengunjungi properti, melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menetapkan harga pasarnya sehubungan dengan kondisi fisik, lokasi, dll. Jika tim penilai bank menemukan fakta bahwa penjualan terjadi pada tingkat harga yang jauh lebih tinggi daripada nilai sebenarnya di pasar, bank akan menolak permohonan pinjaman rumah Anda, karena mereka harus mempertahankan rasio pinjaman terhadap nilai sebesar 80%.

Kredibilitas pembangun

Seseorang tidak akan menghadapi kesulitan dalam menemukan pemberi pinjaman untuk proyek perumahan dari pembangun terkenal. Namun, mungkin sama sulitnya menemukan pemberi pinjaman yang akan meminjamkan uang untuk membeli proyek dengan pembangun yang telah dituduh melakukan transaksi yang meragukan di masa lalu. Semua pengembang ini saat ini berjuang untuk bertahan hidup setelah gagal bayar dan penundaan proyek yang lama.

Default sebelumnya

Jika Anda ceroboh dalam pembayaran kembali pinjaman Anda sebelumnya, ini akan tercermin dalam riwayat kredit Anda. Situasinya akan jauh lebih buruk, jika ada beberapa kasus gagal bayar. Karena catatan pembayaran yang buruk akan menimbulkan sedikit kepercayaan pada pemberi pinjaman, mereka mungkin menolak aplikasi Anda.

Tidak adanya riwayat kredit

Dengan tidak adanya riwayat kredit, bank tidak memiliki cara untuk mengetahui seberapa hati-hati Anda secara finansial dan seberapa dewasa Anda dapat menghadapi tekanan dari beban pinjaman yang konsisten. Kecuali jika Anda memiliki catatan pekerjaan yang baik atau tabungan yang bagus untuk menebus tidak adanya riwayat kredit, maka bank dapat menolak permintaan pinjaman rumah Anda.

Usia pembeli

Bank lebih memilih peminjam muda, yaitu orang yang memiliki seluruh karir kerja untuk membayar kembali pinjaman. Sekarang, peminjam yang menuju masa pensiun, tidak cocok dengan skema pemberi pinjaman karena berbagai alasan. Peminjam seperti itu akan memiliki masa kerja yang sangat terbatas dan akibatnya, masa kerja yang singkat untuk melayani pinjaman rumah, yang biasanya jumlahnya sangat besar. Kedua, peluang pertumbuhan karir pada orang tua mungkin tipis. Ketiga, dalam hal peminjam sakit atau meninggal dunia, bank terpaksa mengembalikan pinjamannya melalui cara lain. Ini adalah proposisi yang tidak pernah diharapkan oleh pemberi pinjaman, karena kerumitan yang terlibat dalam prosesnya.

SPT pajak penghasilan

Tanda yang jelas dari warga negara yang bertanggung jawab adalah bahwa mereka melaporkan pajak dengan benar setiap tahun, terlepas dari apakah mereka memiliki penghasilan kena pajak atau tidak. Kecuali Anda telah melakukannya dan memiliki dukungan dokumen untuk membuktikan hal ini kepada bank (bank umumnya meminta dokumen pengembalian pajak dua tahun terakhir), aplikasi pinjaman rumah Anda akan ditolak.

Ketidaksesuaian tanda tangan

Ini mungkin salah satu kesalahan paling ceroboh yang dapat menyebabkan penolakan aplikasi pinjaman rumah. Peminjam diharapkan untuk menandatangani beberapa halaman formulir aplikasi pinjaman rumah. Tanda tangan di semua titik ini harus persis sama. Jika ada ketidaksesuaian yang ditemukan, bank akan menolak aplikasi tersebut.

Ketidaksesuaian alamat

Bank akan mengirimkan perwakilannya untuk memverifikasi alamat Anda saat ini. Bank juga akan mengirim stafnya untuk memeriksa alamat kantor Anda dan apakah Anda benar-benar bekerja di kantor itu. Anda harus hadir di lokasi tersebut saat perwakilan bank melakukan kunjungan. Jika mereka tidak menemukan Anda di lokasi ini, pemberi pinjaman tidak akan memproses permintaan pembiayaan rumah Anda.

Anda ingin berdiskusi lebih lanjut tentang pengajuan pinjaman rumah?

Datang yuk ke kantor Ray White Kebayoran Senopati yang berada di Jalan Senopati nomor 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau WhatsApp kami di 0812 3900 0385. Talk to you soon!.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share