logo-raywhite-offcanvas

20 Apr 2024

Bagaimana Desain Rumah Berkontribusi pada Gaya Hidup Sehat

Bagaimana Desain Rumah Berkontribusi pada Gaya Hidup Sehat

Ketika memikirkan gaya hidup sehat, Anda mungkin tidak mengira desain rumah dapat berperan dalam mendapatkan kesehatan hidup yang baik. Namun sebenarnya, desain rumah Anda dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual.

Saat akan membangun kebiasaan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat, Anda mungkin langsung berpikir untuk menghabiskan lebih banyak waktu di gym atau memasukkan makanan sehat ke dalam keranjang belanjaan Anda. Meskipun kedua kebiasaan ini dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap gaya hidup sehat, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa elemen desain tertentu di rumah Anda juga dapat berkontribusi pada upaya kesehatan Anda.

Dalam artikel ini Ray White Kebayoran Senopati akan menguraikan beberapa aspek desain rumah yang berdampak pada kesejahteraan, dan memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana Anda dapat menggabungkan aspek desain rumah modern untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun cara terbaik mencapai aspek kesehatan ini bersifat pribadi bagi kita masing-masing, beberapa cara umum agar desain rumah dapat membantu kita mencapai gaya hidup yang lebih sehat meliputi:

Akses Yang Luas Terhadap Cahaya Alami

Akses terhadap cahaya alami meningkatkan produksi vitamin D (yang merupakan kunci sistem kekebalan tubuh yang sehat) dan penting untuk menjaga pola tidur yang sehat. Akses terhadap cahaya alami yang cukup, memiliki manfaat psikologis yang positif.

Cara termudah untuk memastikan cahaya alami yang cukup di rumah Anda adalah dengan menggunakan jendela terbesar yang sesuai dengan anggaran Anda. Desain rumah modern ditandai dengan jendela yang besar dan luas, jadi pertimbangkan denah rumah modern untuk rumah Anda saat ini dan yang berikutnya.

Menciptakan Dapur Yang Sehat

Desain dapur cerdas akan memudahkan Anda menyiapkan dan menyimpan makanan sehat (dan lezat!). Anda tidak memerlukan dapur besar untuk mencapai tujuan ini. Aspek utama dalam desain dapur cerdas mencakup penciptaan ‘segitiga kerja’ (antara lemari es, wastafel, dan kompor), menyediakan tempat penyimpanan yang memadai, dan memastikan (bila memungkinkan) permukaan bersih yang cukup besar untuk menyiapkan makanan.

Anda juga akan lebih sering menyiapkan makanan di rumah, jika dapur Anda merupakan ruangan yang layak. Kami merekomendasikan Anda untuk:

·       Menyediakan cahaya alami yang baik dengan memasang jendela besar, dan menyediakan pencahayaan umum serta pencahayaan khusus untuk tugas dapur, yang memadai untuk membuat aktivitas memasak di malam hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

·       Menciptakan ruang yang rapi dan transparan secara visual. Pasang lemari simpan di bagian dinding dapur Anda dan gunakan laci pantry untuk menyimpan peralatan yang paling sering digunakan.

·       Jika memungkinkan, sediakan lebih dari satu zona kerja agar mudah untuk bekerja bersama anggota keluarga lain di dapur.

Untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari bahan makanan sehat Anda, carilah lemari es yang dilengkapi evaporator ganda atau kompresor ganda, yang keduanya merupakan teknologi yang dapat mencegah pembusukan makanan.

Mendukung Aktivitas Fisik

Menjadi aktif secara fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Aktivitas fisik tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, kekuatan dan mobilitas serta mengurangi peradangan pada tubuh, tetapi juga mendukung kesehatan mental. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati negatif serta meningkatkan harga diri dan fungsi kognitif.

Nah, dengan semua manfaat besar ini, penting agar desain rumah Anda mendukung aktivitas fisik. Tentu saja, salah satu cara paling jelas untuk mendukung aktivitas fisik di rumah adalah dengan menyertakan home gym dalam desain rumah Anda.

Jika Anda merencanakan memiliki ruang gym di rumah, kami merekomendasikan ukuran minimal 10m x 12m. Desain yang cukup terang dan berventilasi baik penting untuk ruang gym di rumah Anda, begitu pula memilih lantai yang sesuai. Menggunakan lantai kayu keras berkualitas tinggi untuk gym di rumah Anda tidak hanya akan berfungsi sebagai gym, namun juga dapat digunakan sebagai ruang fleksibel, kamar tidur cadangan, atau kantor rumah bagi pembeli di masa depan. Lantai karet juga dapat digunakan untuk ruang gym khusus dan sangat cocok untuk program aktivitas fisik yang melibatkan mengangkat beban berat, karena lantai tidak akan rusak jika dumbbell terjatuh.

Banyak dari kita tidak memiliki kemewahan ruang untuk home gym khusus dalam desain rumah kita. Ruang fleksibel atau ruang cadangan dapat berfungsi dengan baik untuk tujuan ini. Rancang kamar cadangan Anda dengan tempat tidur lipat untuk menyediakan ruang kosong yang bisa digunakan untuk berolahraga.

Tidur Itu Penting!

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah komponen kunci kesehatan mental, dan fakta sederhananya adalah banyak dari kita yang tidak mendapatkan tidur yang cukup!

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi dan daya ingat yang buruk, gangguan mood, koordinasi fisik yang buruk dan bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan depresi.

Desain rumah Anda dapat membantu atau menghalangi Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tidur lebih nyenyak dengan mempertimbangkan hal-hal berikut dalam desain rumah Anda:

·       Pastikan kamar tidur ditempatkan jauh dari ruang publik seperti dapur dan ruang tamu. Pemisahan dinding akan mengurangi kebisingan di kamar tidur.

·       Dengan mempertimbangkan pola matahari sepanjang hari, desain kamar tidur Anda dapat membantu tubuh Anda mengikuti ritme biologis alaminya dengan lebih baik. Tempatkanlah jendela kamar menghadap matahari terbit.

·       Pasang tirai anti tembus pandang di kamar tidur Anda dan biarkan cahaya alami membangunkan Anda, bukan jam alarm.

Tambahkan Ruang Hijau Pada Desain Rumah Anda

Waktu yang dihabiskan untuk berhubungan dengan lingkungan alam membantu pengaturan emosi dan meningkatkan fungsi memori, telah terbukti mengurangi stres dengan menurunkan hormon stres kortisol, dan bahkan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan kemampuan kreatif.

Memasukkan ruang hijau ke dalam desain rumah, memungkinkan Anda mendapatkan banyak manfaat kesehatan ini, dan ruang hijau juga bisa menjadi elemen yang sangat indah dalam desain rumah Anda.

Pertimbangkanlah hal-hal berikut ini:

·       Manfaatkan sekat, pagar, dan tanaman lanskap untuk menciptakan ruang hijau pribadi.

·       Gunakan jendela besar atau dari lantai hingga langit-langit untuk terhubung dengan alam dari dalam ruangan.

·       Tanam taman dalam ruangan, dinding hijau, atau gunakan tanaman pot dalam desain rumah Anda untuk mendapatkan oksigen hijau dan segar.

Selamat mencoba!

Menyukai artikel ini? Bagikanlah.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share