logo-raywhite-offcanvas

16 Dec 2023

Natal! Saat Ketika Keluarga Berkumpul Sebaik Mungkin

Natal! Saat Ketika Keluarga Berkumpul Sebaik Mungkin

Jingle bells, Jingle bells, Jingle all the way…. Hari Natal! Apa yang terjadi pada Anda ketika mendengar lagu Natal itu? Suka cita, kegembiraan, koneksi, dan rasa memiliki membuat Anda bersemangat memikirkannya! Atau apakah Anda merasakan rasa takut, kesepian, keterputusasaan, kecemasan, dan kehampaan yang membuat Anda tidak berselera sama sekali untuk menyambut musim perayaan Natal.

Musim liburan Natal seharusnya menjadi "waktu yang paling indah dalam setahun". Dan bagi banyak keluarga, hal tersebut terjadi saat anak-anak dengan gembira membuka hadiah sementara orang dewasa bertemu dengan anggota keluarga yang sudah bertahun-tahun tidak mereka temui. Ini bisa menjadi waktu untuk merangkul tradisi, baik yang baru maupun yang lama.

Natal adalah saat di mana kita menemukan kembali seberapa baik hubungan keluarga besar kita. Sepanjang tahun jarak tercipta, baik melalui kilometer maupun kesibukan dalam hidup kita sendiri. Namun, ketika Natal semakin dekat dan keluarga-keluarga perlu berdiskusi, berorganisasi, dan berkumpul bersama dalam perayaan, cara-cara berhubungan yang tidak sehat yang menyakitkan dan menyulitkan dapat kembali terlihat di seluruh keluarga. Pola keluarga atau urusan yang belum terselesaikan ini dapat membuat beberapa keluarga setiap tahunnya terjebak dalam pola dan sikap lama yang belum terselesaikan.

Natal sering menjadi saat kita terjebak di masa lalu. Pola-pola keluarga yang muncul di masa lalu sering kali membuat kita merasa cemas, disalahpahami, dan bingung menjelang Natal. Sebagian besar dari kita menjalani hari Natal dengan diam dan berpikir bahwa hari Natal hanya untuk satu hari, sementara yang lain menggunakan waktu itu untuk mengutarakan rasa was-was dan sakit hati. Sayangnya, beberapa orang merasa begitu terluka dan tertekan oleh hubungan keluarga sehingga mereka memilih untuk tidak menghadiri Natal keluarga sama sekali, meninggalkan keseluruhan Natal yang mencolok di musim perayaan dan secara tidak sengaja menyebabkan rasa sakit pada diri mereka sendiri karena terisolasi.

Natal yang bahagia pada dasarnya bergantung pada seberapa sehat hubungan keluarga kita. Batasan, toleransi, dan komunikasi efektif adalah kunci hubungan yang sehat. Merayakan Natal bersama dalam semangat memberi, menerima, dan berbagi mungkin merupakan satu-satunya hal yang kita perlukan untuk menjembatani kesenjangan dengan keluarga kita dan menghasilkan rasa memiliki dan koneksi. Bagi mereka yang tidak lagi menghadiri hari Natal (walaupun itu yang terbaik) atau di mana konflik adalah menjadi suatu hal yang biasa.

Hari Natal dapat mengungkapkan dengan sangat jelas rasa kesepian dan keterputusan yang sulit untuk diabaikan. Kurangnya rasa memiliki yang mungkin tersembunyi sepanjang tahun ini terungkap secara luar biasa pada hari Natal. Hari ini dapat membangkitkan perasaan terputus dan kesepian. Dan bahkan mungkin menimbulkan perasaan malu… Ada apa dengan saya?

Hubungan, khususnya hubungan keluarga terus berkembang dan berubah selamanya. Hal ini bisa jadi rumit dan seringkali memerlukan upaya yang disengaja untuk menjaga hubungan yang sehat, terutama dengan keluarga besar karena kita jarang bertemu dengan mereka. Kita semua bisa merasa rentan dalam hubungan keluarga kita dan unsur pengampunan serta keberanian diperlukan saat kita tumbuh bersama, untuk tetap bersama!

Bagi sebagian orang, Natal adalah waktu untuk bersukacita! Bagi yang lain, Natal adalah waktu untuk memulihkan diri!

Jika Anda membutuhkan dukungan pada Natal ini karena perpecahan keluarga, terputusnya hubungan atau kesepian, silakan mencari dukungan. Tidak apa-apa untuk meminta bantuan!

Liburan bisa menjadi saat stres atau penyegaran bagi keluarga kita. Natal adalah waktu yang tepat untuk menghargai dan memperkuat keluarga selamanya yang kita dambakan, jadi mari kita berusaha untuk membuat kenangan liburan Natal tahun ini yang akan membantu kita membangun keluarga yang cukup kuat dan berkumpul sebaik mungkin untuk menanggung apa pun yang terjadi di masa depan.

Selamat Hari Natal, semoga Tuhan menyertai kita semua.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share