logo-raywhite-offcanvas

17 Feb 2024

Mencegah Hujan Lebat Merusak Rumah Anda

Mencegah Hujan Lebat Merusak Rumah Anda

Hujan lebat dapat menyebabkan kerusakan yang paling merugikan pada rumah Anda, termasuk pada pondasi dan mendorong pertumbuhan jamur di dalam dinding. Namun dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mencegah hujan lebat merusak rumah Anda. Mari kita lihat beberapa cara mudah untuk menjaga rumah Anda terlindungi dari hujan lebat.

Pastikan talang air memiliki drainase yang baik

Salah satu cara termudah untuk melindungi rumah Anda dari hujan lebat dimulai dengan talang air. Hanya dengan memastikan talang tidak tersumbat dan diarahkan jauh dari pondasi rumah, Anda mengambil langkah besar untuk mencegah hujan lebat merusak pondasi dan mendorong pertumbuhan jamur.

Jika Anda memiliki pohon, pangkaslah pohon tersebut

Memangkas pohon adalah cara lain yang cukup mudah untuk melindungi rumah Anda dari hujan lebat. Cabang-cabang pohon, daun-daun, dan tunas-tunas pohon dapat menjadi masalah besar bila disertai hujan lebat dan angin. Selain sering menumpahkan air dan menyumbat selokan, hujan lebat dan angin dapat menyebabkan ranting dan bahkan seluruh pohon merusak atap Anda.

Periksa atap, apakah ada kerusakan sirap atau lepas

Naik ke atap rumah bisa jadi menantang. Namun jika Anda dapat melakukannya, Anda dapat memeriksa beberapa tanda kerusakan yang dapat diperburuk oleh hujan lebat.

Pertama, periksa kerusakan sirap. Ada tiga jenis kerusakan spesifik yang harus Anda perhatikan.

Sirap yang hilang atau retak. Jika sirap atap hilang atau retak, itu pertanda potensi kerusakan akibat hujan lebat di masa depan.

Lumut di sirap atap. Lumut pada sirap dapat menyebabkan pembusukan kering atau karat. Jika dikombinasikan dengan hujan lebat, hal ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada atap rumah. Jadi jika Anda melihat lumut, ambil sikat berbulu lembut dan gosok perlahan.

Pasir hitam di talang air. Jika Anda melihat banyak pasir hitam di talang Anda (misalnya, kedalaman beberapa cm di dalam talang), itu tandanya sirap atap memburuk. Anda mungkin memerlukan seorang profesional dalam hal ini.

Setelah Anda memeriksa kerusakan sirap, periksa juga tempat pertemuan atap dan dinding luar. Area ini biasanya terbuat dari logam atau aluminium yang mencegah air masuk ke bukaan dan retakan di atap. Jika longgar atau terlihat menjauh dari dinding luar, hal ini dapat menyebabkan kebocoran atap. Perbaiki dengan menggunakan dempul luar ruangan atau selotip tahan air, cukup tutup bagian yang lepas.

Periksa pompa air setiap tahun

Pompa air rumah rentan terhadap kerusakan akibat hujan deras. Pastikan Anda memeriksanya setidaknya setahun sekali untuk memastikan pompa berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan oleh profesional. Hal ini sangat penting terutama jika Anda tinggal di daerah yang rawan badai atau hujan lebat.

Jika hujan deras menyebabkan kerusakan, waspadai potensi bahaya kesehatan

Jika rumah Anda mengalami kerusakan akibat hujan lebat, segera panggil profesional untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Kelembapan mendorong pertumbuhan jamur dan organisme berbahaya lainnya, terutama di Indonesia yang beriklim lembap, sehingga meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius. Paparan terhadap pertumbuhan jamur yang berhubungan dengan air ini juga dapat memperburuk gejala bagi penderita alergi dan asma terutama pada anak-anak, orang lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

Selama musim hujan yang tidak terduga dan tiba-tiba ini, yang terbaik adalah menginvestasikan waktu dan upaya untuk melakukan pembersihan dan tindakan pencegahan, daripada harus membayar ganti rugi di kemudian hari. Semoga beberapa tips rumah kami ini membantu menjaga rumah Anda bebas kerusakan yang disebabkan oleh hujan lebat.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share