logo-raywhite-offcanvas

10 Feb 2024

Apa yang Harus Dilakukan Jika Renovasi Anda Melebihi Anggaran

Apa yang Harus Dilakukan Jika Renovasi Anda Melebihi Anggaran

Saat ini Anda sedang melakukan renovasi, dan hampir diperkirakan bahwa renovasi akan memakan waktu lebih lama dari yang Anda rencanakan semula.

Tapi bagaimana dengan biayanya? Menghitung anggaran renovasi Anda mungkin tampak mudah, namun sering kali biaya tenaga kerja, kerusakan, dan biaya lainnya menumpuk di atas biaya material Anda.

Jadi apa yang harus Anda lakukan jika renovasi Anda melebihi anggaran?

Nah, bila Anda mulai menyadari bahwa proyek renovasi Anda melebihi anggaran atau kemungkinan besar akan melebihi anggaran, maka Anda harus mengambil beberapa keputusan yang terbagi dalam dua kategori: mudah dan sulit.

Mudah – beralih ke bahan & perlengkapan yang lebih murah

Ada banyak jenis bahan bangunan di luar sana, semuanya dengan gaya dan harga yang berbeda-beda. Jadi cara cepat untuk menghemat uang adalah dengan mengembalikan beberapa barang Anda yang lebih mahal dan memilih barang yang terlihat serupa dan kualitasnya serupa, namun harganya lebih murah. Misalnya seperti mengganti batu atau ubin.

Mudah – dapatkan penawaran tambahan untuk bahan yang sama

Membeli segala sesuatu keperluan renovasi dari satu pemasok adalah hal yang masuk akal. Ini pasti akan menyelamatkan Anda dari keharusan berjalan-jalan ke sejumlah toko berbeda saat Anda menyiapkan kamar mandi atau dapur baru. Tapi bisakah Anda mendapatkan penawaran yang lebih baik untuk barang-barang penting dari toko lain? Tentu saja bisa, asalkan Anda siap meluangkan waktu. Anda harus mencoba mendapatkan penawaran kedua atau ketiga untuk barang yang sama dengan bernegosiasi dengan pemasok. Jangan takut untuk menawar. Jika Anda memberi tahu mereka bahwa Anda tidak mampu membayar harganya dan akan mencari di tempat lain, biasanya mereka akan menurunkan harganya sedikit lagi.

Mudah – hapus yang tidak penting

Jika Anda sedang merenovasi dan berniat untuk tinggal di properti tersebut, Anda mungkin telah menambahkan pada daftar yang ingin Anda beli, beberapa perlengkapan atau fitur yang membuat ruangan lebih menarik atau memberikan faktor 'wow', namun mungkin saja sebenarnya fitur menarik itu tidak penting.

Jika Anda perlu menyesuaikan anggaran renovasi, ini bisa menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Hapus detail atau barang yang ingin Anda miliki, tetapi tidak terlalu membutuhkan atau mempedulikannya. Memang bagus untuk memilikinya, tetapi yang lebih penting adalah Anda dapat benar-benar menyelesaikan proyek renovasi tersebut terlebih dulu.

Sulit – kurangi kualitasnya

Meskipun mungkin menyakitkan untuk tidak memiliki oven dan kompor SMEG seharga 80 juta, atau ubin marmer di kamar mandi, jika Anda siap berkompromi dengan kualitas maka Anda dapat membantu mengurangi anggaran renovasi.

Ini mungkin merupakan keputusan yang sulit secara emosional, tetapi jika anggaran Anda sudah melebihi batas, ada banyak pilihan di luar sana yang dapat menggantikannya dengan harga yang lebih murah, sekali lagi, lebih baik mendapatkan hasil akhir yang lebih murah daripada tidak mampu menyelesaikan renovasi.

Sulit – tunda beberapa tahapan proyek renovasi

Hal ini sangat tepat jika Anda sedang merenovasi lebih dari satu bagian rumah Anda, dan jika biaya yang Anda keluarkan sudah membengkak, maka tundalah tahapan proyek berikutnya sampai Anda mampu melanjutkannya. Asalkan masih berfungsi, tidak apa-apa untuk menunda renovasi kamar tidur atau kamar mandi dari daftar tugas renovasi Anda. Anda selalu dapat melakukannya nanti setelah Anda dapat menghemat lebih banyak uang.

Renovasi seringkali melebihi anggaran karena beberapa alasan. Salah satu alasan umumnya adalah masalah tak terduga yang muncul selama proses renovasi, seperti kerusakan struktural yang tersembunyi atau sistem kelistrikan atau perpipaan yang ketinggalan jaman. Perubahan desain atau pilihan material juga dapat menyebabkan pembengkakan biaya. Perkiraan biaya awal yang tidak akurat dan kenaikan harga bahan atau tenaga kerja yang tidak terduga dapat semakin memperburuk situasi. Selain itu, keterlambatan jadwal proyek dapat menyebabkan biaya tambahan.

Ingat, mengeluarkan uang untuk renovasi adalah sebuah investasi. Apa pun yang Anda masukkan ke dalamnya akan kembali kepada Anda dengan satu atau lain cara, jadi lakukanlah dengan bijak dan cermat saat menentukan anggaran, serta siapkan dana darurat untuk memperhitungkan biaya tak terduga.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share