logo-raywhite-offcanvas

26 Aug 2023

Panduan Pemula untuk Berinvestasi di Properti Komersial

Panduan Pemula untuk Berinvestasi di Properti Komersial

Sebagian besar investor merasa nyaman berinvestasi di properti residensial karena mereka sudah familiar dengannya. Sebagian besar dari kita telah menyewa properti, dan sebagian dari kita telah membeli rumah atau unit apartemen, dan memahami apa yang dibutuhkan oleh pengalaman itu. Properti komersial, di sisi lain, sedikit lebih misterius, tetapi merupakan pilihan investasi yang semakin valid bagi pembeli di Indonesia.

Berikut ini Ray White Kebayoran Senopati berikan faktor utama yang perlu dipertimbangkan untuk Anda yang akan memilih berinvestasi di properti komersial.

Jenis

Properti komersial hadir dalam tiga bentuk utama, kantor, ritel, dan industri.

Pengembalian Investasi

Investasi properti residensial memiliki risiko yang relatif rendah dan akibatnya, pengembalian investasi yang rendah. Properti komersial memiliki pengembalian investasi yang lebih tinggi, tetapi ini memiliki risiko yang lebih tinggi.

Risiko

Risiko yang lebih tinggi datang dalam bentuk tingkat kekosongan yang lebih tinggi. Mari kita gunakan contoh gudang. Butuh beberapa saat untuk menemukan penyewa baru untuk gudang tersebut, berbulan-bulan dan mungkin lebih dari setahun. Sebaliknya, menemukan penyewa baru untuk properti hunian Anda mungkin hanya membutuhkan waktu berminggu-minggu. Selain itu, jika satu-satunya penyewa properti komersial Anda harus tutup bisnis karena kondisi ekonomi yang sulit, Anda juga akan menghadapi masa-masa sulit. Di sisi lain, properti residensial dapat bertahan jika dikaitkan dengan faktor ekonomi dalam jangka panjang.

Durasi Sewa

Sewa tempat tinggal cenderung selama enam atau 12 bulan. Namun, sewa properti komersial umumnya untuk jangka waktu yang lebih lama. Tidak jarang memiliki sewa untuk periode lima tahun pertama, dengan opsi untuk memperbarui selama lima tahun lagi.

Kualitas Penyewa

Penyewa jelas merupakan bagian penting dari investasi properti Anda. Di properti komersial, pemerintah atau perusahaan besar dianggap sebagai penyewa yang paling dicari. Mereka cenderung menyewa properti Anda untuk jangka waktu yang lama dan jarang gagal membayar sewa.

Harga yang Mahal

Membeli properti komersial seringkali jauh lebih mahal daripada membeli properti residensial. Kantor di Central Business District atau ruang ritel umumnya merupakan ruang yang paling mahal, karena lokasinya. Properti industri di pinggiran kota juga bisa mahal karena ukuran properti yang dibeli.

Biaya Perawatan

Meningkatkan properti residensial relatif murah. Pengecatan, penutup lantai baru, dapur dan kamar mandi bisa menghabiskan biaya mulai dari 100 juta hingga 300 juta. Namun, merenovasi bangunan komersial bisa jadi mahal. Misalnya, penambahan AC baru atau meningkatkan bangunan untuk memenuhi standar kesehatan dan keselamatan baru mungkin menelan biaya cukup besar. Namun, biayanya jarang ditanggung oleh pemiliknya.

Pengeluaran Lain

Salah satu keuntungan menjadi pemilik properti komersial adalah penyewa biasanya membayar sebagian besar pengeluaran seperti pajak, asuransi, perbaikan, dan pemeliharaan. Ini berarti bahwa sebagian besar uang sewa yang diterima oleh pemilik dapat disimpan tidak seperti situasi properti residensial di mana pemilik menggunakan uang sewa untuk membayar pajak, pemeliharaan serta perbaikan.

Semua perincian tentang siapa yang membayar pengeluaran, berapa banyak sewa yang harus dibayar dan seberapa sering kenaikannya harus diuraikan dalam perjanjian sewa.

Dokumen Sewa

Ini adalah dokumen paling penting dalam kaitannya dengan properti komersial. Tidak seperti sewa tempat tinggal yang umumnya merupakan dokumen standar dan panjangnya sekitar empat halaman, sewa komersial seringkali panjangnya 50 hingga 60 halaman, bukan dokumen standar dan umumnya membutuhkan pengacara untuk menyusunnya. Bacalah perjanjian sewa dengan hati-hati dan jika Anda tidak yakin apa pun, mintalah seorang profesional hukum untuk menjelaskannya kepada Anda.

Anda menyukai artikel ini atau merasa terbantu? Bagikanlah ini!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share