logo-raywhite-offcanvas

19 Aug 2023

5 Tips Membersihkan dan Merawat Jendela Rumah

5 Tips Membersihkan dan Merawat Jendela Rumah

Perawatan dan pemeliharaan jendela rumah dapat membuat seluruh rumah Anda bersih dan indah. Tapi apakah yang harus Anda lakukan untuk menjaga jendela rumah dalam kondisi yang baik? Ray White Kebayoran Senopati memberikan beberapa tips untuk membantu Anda merawatnya!

Bersihkan panel jendela Anda setidaknya dua kali setahun

Salah satu langkah terbaik dan termudah untuk dilakukan agar jendela rumah Anda berfungsi dengan baik adalah membersihkan panel dan bingkai. Kaca jendela yang kotor dapat merusak kaca, dan kotoran yang masuk ke dalamnya dapat mengakibatkan jamur berkembang yang berbahaya untuk kesehatan. Dan tentu saja, jendela yang kotor dapat merusak daya tarik rumah Anda!

Membersihkan panel jendela bagian dalam cukup mudah. Gunakan pembersih yang dibeli di toko dan semprotkan secara bebas. Anda juga bisa menggunakan kombinasi cuka (10%) dan air (90%). Kemudian, pilih lap yang terbuat dari karet atau kain mikrofiber untuk menyeka semprotan. Hindari menggunakan handuk kertas atau handuk biasa, karena biasanya meninggalkan goresan atau residu.

Membersihkan panel jendela luar akan sedikit lebih sulit, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan. Strategi pembersihan yang sama seperti panel jendela dalam berlaku. Jangan gunakan selang untuk menyemprot jendela. Air selang biasanya mengandung mineral alami di dalamnya. Itu bisa menyebabkan panel jendela Anda lebih cepat aus dan dapat meninggalkan residu mineral pada panel, yang berarti Anda harus mencucinya lagi. Jika Anda tidak dapat menjangkaunya, jangan mencoba membersihkannya sendiri. Pentingkan keselamatan Anda terlebih dulu! Jika Anda tidak dapat menjangkau jendela yang kotor dengan nyaman, hubungi seorang profesional. Memiliki jendela yang bersih menjadi tidak layak bila Anda terjatuh dari atap atau tangga!

Periksa retakan pada dempul

Dempul di sekitar bingkai jendela Anda mencegah masuknya angin dan kelembapan. Jika Anda melihat retakan atau kebocoran pada dempul, baik di dalam maupun di luar, pertimbangkan untuk mendempul ulang. Mendempul ulang dapat menghemat uang tagihan listrik dan membantu Anda mengatur suhu rumah dengan lebih baik.

Pastikan Anda melepas dempul lama terlebih dahulu, lalu dempul ulang dengan dempul yang sesuai. Setelah selesai, ratakan dempul dengan membasahi jari Anda dengan air dan geser perlahan jari Anda ke atasnya.

Lumasi kunci, trek, dan engsel dengan pelumas berbasis silikon

Seiring bertambahnya usia jendela, mereka dan komponennya akan menempel satu sama lain. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan, misalnya engsel yang macet saat Anda mencoba melepaskannya! Melumasi kunci, trek, dan engsel jendela adalah cara mudah untuk menghindari masalah dan memperpanjang umur jendela Anda.

Gunakan pelumas berbahan dasar silicon yang tidak menarik debu atau kotoran. Setelah Anda membeli pelumas yang tepat, semprotkan ke kain dan seka kunci, trek, dan engsel jendela. Hindari menyemprotkan langsung ke jendela, karena dapat menyebabkan goresan yang sulit dihilangkan.

Kontrol kelembapan rumah Anda

Jika bagian dalam rumah Anda terlalu lembap, jendela Anda bisa berkabut. Kabut ini kemudian dapat menetes ke ambang jendela atau bingkainya yang dapat menyebabkan kerusakan atau pertumbuhan jamur. Jika Anda melihat kabut jendela, ada beberapa cara untuk mengontrol kelembapan rumah Anda untuk menghilangkannya.

·       Buka sedikit jendela yang berkabut

·       Jalankan kipas angin di ruangan dengan jendela berkabut

·       Jauhkan tanaman dari jendela (tanaman mengeluarkan uap air, yang dapat menyebabkan kondensasi)

Semoga tips ini bermanfaat!

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share