logo-raywhite-offcanvas

02 Mar 2024

Cara Membeli Properti Investasi Sebagai Pembeli Rumah Pertama Kali

Cara Membeli Properti Investasi Sebagai Pembeli Rumah Pertama Kali

Banyak calon pemilik rumah ingin membeli rumah terutama untuk mendapatkan tempat tinggal, dengan keamanan finansial jangka panjang sebagai keuntungan sekunder. Namun bagaimana jika pembeli rumah pertama kali lebih tertarik pada aspek investasi?

Bisakah pembeli rumah pertama kali membeli properti investasi? Bisakah pembeli pertama kali membeli properti sewaan? Jenis pinjaman dan pemberi pinjaman mana yang mengizinkannya? Dan jenis properti investasi apa yang dapat Anda beli untuk pembeli rumah pertama kali?

Pilihan Properti Investasi untuk Pembeli Rumah Pertama Kali

Ada banyak jenis properti investasi, namun sebagian besar pembeli rumah pertama kali yang mencari properti dengan potensi investasi cenderung mendapatkan dana pinjaman untuk membeli rumah, townhouse, kondominium atau apartemen.

1. Beli rumah dan sewakan

Cara termudah untuk mengubah pembelian pertama Anda menjadi investasi adalah dengan membeli rumah dan menyewakannya untuk ditinggali orang lain.

Pemberi pinjaman kemungkinan besar akan meminta Anda untuk tinggal di rumah tersebut sebagai tempat tinggal utama setidaknya selama 12 bulan sebelum Anda dapat menyewakannya. Setelah itu, Anda dapat pindah, mendaftarkan properti tersebut sebagai sewa, dan memperoleh penghasilan dari pendapatan sewa jangka panjang jika Anda menyewakannya, atau pendapatan sewa jangka pendek menggunakan Airbnb atau layanan serupa. Namun, Anda harus menyewa atau membeli tempat tinggal lain, jadi pertimbangkan pro dan kontranya.

2. Beli dan jual lagi dengan cepat

Cara lain untuk memperoleh properti investasi sebagai pembeli rumah pertama kali adalah dengan membeli rumah, memperbaikinya untuk meningkatkan nilainya, dan menjualnya dengan cepat — idealnya dengan harga lebih dari yang Anda bayarkan. Ini disebut house flipping, dan ini bisa menghasilkan imbalan finansial yang signifikan, asalkan Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Banyak profesional yang menyarankan untuk tidak menjual kembali rumah jika Anda adalah pembeli pertama kali. Jika Anda bertekad untuk mempelajari seluk beluk flipping, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan agen real estate berpengetahuan yang dapat memandu Anda melalui proses tersebut.

Pro dan Kontra Membeli Properti Investasi

Ada kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan oleh pembeli rumah pertama kali sebelum membeli properti investasi. Potensi keuntungan menjadi pembeli rumah adalah memberi diri Anda keamanan finansial jangka panjang, memiliki perlindungan terhadap inflasi, manfaat pajak, pendapatan sewa, dan peluang untuk memperluas portofolio real estate Anda.

Keuntungan bagi pembeli rumah pertama kali meliputi:

Menghasilkan pendapatan.

Memiliki properti sewaan dapat memberikan sumber pendapatan yang mengimbangi biaya pembelian rumah.

Apresiasi jangka panjang.

Nilai real estate umumnya meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga berpotensi menghasilkan keuntungan yang signifikan. Hal ini khususnya dapat menguntungkan bagi pembeli muda. Sama seperti investasi apa pun, seseorang pada umumnya dapat memperoleh lebih banyak uang dari investasi jangka panjang dengan memulai portofolio investasinya lebih cepat.

Menumbuhkan ekuitas rumah.

Ketika Anda membayar cicilan pinjaman, dan ketika nilai properti meningkat, Anda membangun ekuitas rumah, yang dapat Anda pinjam atau diubah menjadi uang tunai dengan menjual properti tersebut.

Diversifikasi investasi Anda.

Real estate mendiversifikasi portofolio investasi Anda dan mengurangi risiko Anda secara keseluruhan jika dibandingkan dengan berinvestasi hanya pada saham dan obligasi.

Potensi manfaat pajak.

Ada keuntungan pajak dari memiliki properti investasi, seperti pengurangan bunga pinjaman, pajak properti, dan depresiasi.

Mendapatkan pengalaman manajemen.

Mengelola properti investasi dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan berharga dalam penganggaran, negosiasi, dan manajemen properti.

Tentu saja, memasukkan uang Anda ke dalam real estate bukanlah jaminan kesuksesan. Di antara kelemahan terbesarnya? Penyewa bisa jadi sangat menuntut, dan Anda bisa mendapatkan properti yang malah merupakan lubang uang yang dapat menguras seluruh keuntungan Anda.

Risiko membeli properti investasi sebagai pembeli rumah pertama kali meliputi:

Potensi penyusutan.

Pasar berfluktuasi, dan terkadang properti kehilangan nilainya seiring berjalannya waktu. Pasar real estate dapat mengalami penurunan, yang berpotensi menyebabkan penurunan nilai properti untuk sementara.

Penyewaan kosong.

Pendapatan sewa dapat menguap jika properti Anda tetap kosong dalam waktu lama, atau jika penyewa kesulitan membayar sewa.

Tanggung jawab manajemen.

Anda perlu memelihara tempat tinggal Anda, serta unit penyewa Anda. Menjadi pemilik properti melibatkan tanggung jawab, seperti mencari penyewa, menangani masalah pemeliharaan, dan memastikan sewa dibayar tepat waktu.

Risiko pembiayaan.

Jika nilai properti Anda turun, Anda mungkin menghadapi tantangan jika perlu membiayai kembali pinjaman (refinance) atau menjualnya.

Kewajiban hukum.

Menjadi pemilik properti mempunyai tanggung jawab hukum, dan mungkin ada risiko yang terkait dengan masalah penyewa atau kecelakaan properti — termasuk kemungkinan dituntut.

Proses Membeli Properti Investasi sebagai Pembeli Rumah Pertama Kali

Proses membeli properti investasi sebagai pembeli rumah pertama kali pada dasarnya sama dengan membeli rumah untuk ditinggali, meskipun Anda mungkin perlu meminjam lebih banyak uang untuk membeli beberapa properti daripada satu tempat tinggal. Berikut ini tentang hal-hal yang biasanya terkait dengan keberhasilan membeli properti investasi sebagai pembeli pertama.

1. Nilai keuangan Anda

Pertama, periksa skor kredit Anda dan ambil langkah untuk meningkatkannya, jika diperlukan. Tinjau keuangan Anda untuk menentukan berapa banyak Anda mampu membayar uang muka, biaya-biaya, dan pembayaran cicilan bulanan. Pastikan untuk memperhitungkan pengeluaran seperti pajak properti, asuransi pemilik rumah, asuransi pinjaman, dan pemeliharaan.

2. Riset pasar

Bekerja samalah dengan agen real estate yang berpengalaman dengan properti investasi, dan teliti harga properti, jenis rumah, permintaan sewa, dan tren perumahan di area yang Anda rencanakan untuk dibeli.

3. Cari tahu perbandingan beberapa pemberi pinjaman

Teliti pilihan pinjaman Anda dan bandingkan penawaran dan suku bunga dari pemberi pinjaman yang berbeda.

4. Dapatkan persetujuan awal pinjaman

Mencari persetujuan awal pinjaman saat Anda siap untuk mulai berbelanja rumah akan membantu mengetahui anggaran Anda, dan menunjukkan kepada agen dan penjual bahwa Anda adalah pembeli yang serius.

5. Temukan dan buat penawaran properti yang sesuai

Mulailah berkeliling rumah, dan cari properti yang sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda. Konsultasikan dengan agen real estate ketika Anda siap untuk mengajukan penawaran rumah. Bersiaplah untuk tawaran balasan dan kemungkinan penolakan.

6. Lakukan uji tuntas Anda

Setelah penjual menerima tawaran Anda, bersiaplah untuk memeriksa properti dengan cermat. Ketahui masalah, kekurangan, atau masalah keamanan apa pun pada properti. Dapatkan penilaian rumah untuk memverifikasi nilai properti. Tinjau sejarah properti, dan perkirakan calon pendapatan sewa Anda. Pekerjakan pengacara real estate untuk meninjau dokumen dan kontrak bila perlu.

7. Tutup kesepakatan

Jika semuanya berjalan baik, Anda akan menutup kesepakatan atas properti investasi Anda. Pada hari penutupan, Anda harus membayar uang muka, membayar biaya penutupan, dan menandatangani dokumen untuk mendanai pinjaman Anda dan mengalihkan kepemilikan rumah kepada Anda. Bekerjasamalah dengan agen real estate dan broker pinjaman untuk menavigasi proses penutupan.

Membeli rumah pertama adalah prospek yang menarik. Namun jika Anda juga ingin menjadi investor, atau meningkatkan dan mengubah rumah Anda demi keuntungan, bersiaplah untuk menghadapi tantangan yang berat. Anda harus memahami pasar dan bagaimana menjadi investor real estate yang sukses, jadi luangkan waktu untuk diri Anda sendiri. Selain itu, bekerja samalah dengan agen real estate profesional, pemberi pinjaman, dan pengacara berpengalaman.

Ajukan pertanyaan tentang apa pun yang tidak Anda pahami mengenai real estate kepada Ray White Kebayoran Senopati di sini.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share