logo-raywhite-offcanvas

04 Mar 2023

10 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli Rumah

10 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Membeli Rumah

Menghadiri acara inspeksi rumah atau yang biasa disebut Open House sebelum memutuskan membelinya, bisa jadi membingungkan bagi siapa pun baik yang sudah berpengalaman maupun yang belum. Tapi satu hal yang selalu perlu Anda ingat adalah sebuah rumah lebih dari sekadar desain interiornya saja. Cobalah untuk tidak membiarkan sofa berbentuk L yang menakjubkan atau tangga yang indah mempengaruhi keputusan Anda.

Pertimbangkan tentang kondisi perbaikan bangunan sebanyak Anda menilai tata letak dapur atau kamar tidur. Jika Anda serius ingin membeli properti, Anda harus teliti. Beberapa pemeriksaan sederhana kadang-kadang bisa menjadi pembeda antara membeli rumah impian Anda dan melangkah ke dalam mimpi buruk yang mahal. Dengan mengingat hal itu, Ray White KebayoranSenopati memberikan sepuluh hal yang harus diperhatikan saat Anda memeriksa rumah yang Anda idamkan.

1. Periksa noda air, korosi dan jamur

Coba lihat dinding rumah untuk mencari tanda-tanda penetrasi kelembapan atau kebocoran air, terutama di dekat pancuran dan bak mandi. Ini bukan masalah struktural tetapi bisa menjadi sangat mahal untuk diperbaiki.

2. Periksa langit-langit

Lihatlah langit-langit untuk melihat apakah mereka melendut. Ini dapat dilakukan dengan menyinari langit-langit, yang akan menunjukkan semua defleksi (lendutan) dan cacat pada lembaran langit-langit.

3. Lihat ke dalam lemari apakah ada area basah

Semua lemari harus dibuka untuk melihat apakah ada bau lembap, jamur atau lumut. Bau lembap apa pun bisa menjadi indikasi kebocoran air atau bahkan kelembapan yang meningkat.

4. Periksa dinding apakah ada retakan besar

Properti dengan sejumlah besar retakan dengan lebar lebih dari 2 cm akan memprihatinkan dan harus diperiksa lebih lanjut oleh ahli bangunan yang berkualitas.

5. Periksa jamur di kamar mandi dan kamar tidur

Jamur dapat terlihat seperti awan yang tidak berbahaya pada dinding dan langit-langit. Tapi sebaliknya bila Anda menemukannya, maka Anda harus lebih waspada pada rumat tersebut. Pertama, jamur buruk bagi kesehatan Anda. Jamur melepaskan alergen ke udara yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan memperparah masalah kesehatan pernapasan, seperti asma. Kedua, bisa jadi akibat dari masalah yang lebih besar. Pembersihan jamur sering mengenakan biaya yang lumayan, karena harus dilakukan oleh ahlinya.

6. Periksa plesteran dinding bagian dalam apakah ada retakan halus

Retakan halus pada plesteran dinding bagian dalam dapat dengan mudah diperiksa karena terlihat seperti peta. Retakan ini disebabkan oleh penerapan plesteran dinding yang tidak tepat pada saat konstruksi. Jika ditemukan di satu area dinding, biasanya ditemukan di tempat lain juga. Plester dapat retak lebih jauh dan bahkan menjadi longgar, terutama saat memasang lukisan.

7. Perhatikan garis luar atap

Periksa apakah lurus dan bebas dari defleksi (lendutan).

8. Periksa talang atap dari karat

Talang atap mungkin terlihat bagus dari permukaan tanah, tetapi memeriksanya dari sisi atas mungkin menunjukkan bahwa talang tersebut berkarat dan perlu diganti.

9. Periksa downpipes atap yang mengalir ke saluran pembuangan air

Downpipes adalah komponen penting dari sistem drainase atap. Lakukan jalan cepat di sekeliling luar rumah untuk memeriksa apakah semua pipa pembuangan atap mengalir ke sumur resapan air hujan dan tidak hanya ke tanah. Anda juga harus mencari tanda-tanda banjir di masa lalu atau kelebihan aliran air di sekitar dasar pipa bawah atap.

10. Cari lubang pembuangan di dinding luar perimeter

Ini sangat penting untuk properti bertingkat. Harus ada lubang-lubang kecil di atas dan di bawah kusen jendela dan pintu. Lubang biasanya berjarak sekitar 1,2m. Lubang-lubang ini memungkinkan air keluar dari rongga dinding. Tanpa lubang ini, air dapat menembus dinding bagian dalam rumah dan menyebabkan perawatan yang terus menerus dan mahal.

 

Jika Anda ragu, mintalah seorang profesional untuk menemani Anda inspeksi rumah, menilainya serta menulis laporan mendetail tentang kondisi perbaikannya, atau tanya kami hari ini di 0812 3900 0385.

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share