logo-raywhite-offcanvas

08 Jun 2024

Cara Membersihkan Bantal Anda

Cara Membersihkan Bantal Anda

Bantal adalah barang yang sangat intim yang kita gunakan sehari-hari. Sebagian besar memiliki desain umum yaitu kain yang diisi serat mikro, bulu, atau beberapa jenis isian lainnya. Bantal dengan isian mikrofiber adalah jenis yang paling umum digunakan. Kedekatan bantal dengan wajah secara terus-menerus membuat pembersihan menjadi penting. Bantal yang bersih penting karena kontaknya yang terus menerus dengan saluran pernapasan manusia dan potensi kuman pada sarung serta bagian dalamnya.

Mengapa Anda Harus Membersihkan Bantal?

Bantal membawa banyak kuman pada pernapasan manusia. Kuman tidak hanya terdapat pada penutup tetapi dapat merembes melalui kain dan jahitan serta ke dalam bahan pengisi. Kuman paling umum yang ditemukan di permukaan tempat tidur termasuk bakteri dan jamur.

Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Bantal?

Karena banyaknya jenis bahan pengisi di dalam bantal, metode desinfektan biasa mungkin tidak efektif. Bantal harus sering dibersihkan untuk mencegah penumpukan bau dan bakteri. Perhatian khusus harus diberikan pada bantal dengan jenis isian tertentu, seperti bulu atau busa.

Jika bantal Anda bisa dicuci, sebaiknya dicuci minimal dua kali setahun. Jika Anda makan di tempat tidur, memelihara hewan peliharaan, atau banyak berkeringat, sebaiknya cuci bantal setiap tiga bulan sekali.

Bisakah Anda Mencuci Bantal di Mesin Cuci?

Membersihkan bantal tidaklah sulit, namun penting untuk menentukan metode pembersihan terbaik. Hal ini terutama berlaku saat menggunakan mesin cuci. Baca petunjuk labelnya. Jika bantal aman untuk dicuci dengan mesin, pertimbangkan untuk mencucinya berpasangan — bantal tersebut bisa jadi berat, dan mencuci dua bantal sekaligus dapat menyeimbangkan beratnya. Jika bantal Anda terkena noda, bersihkan terlebih dahulu dengan pembersih noda sebelum dicuci.

Kebanyakan bantal dapat dicuci dengan air hangat dan deterjen lembut dengan siklus lembut. Tempatkan bantal menjadi dua sekaligus. Tambahkan setengah jumlah deterjen yang biasa Anda gunakan untuk muatan biasa. Sabun mungkin sulit untuk dibilas dari beberapa jenis isian. Setelah siklus pencucian selesai, jalankan siklus pembilasan tambahan. Jika mesin Anda memiliki siklus putaran yang panjang, gunakan ini untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin.

Tergantung pada jenis isian bantal, mungkin ada tindakan pencegahan tertentu yang diperlukan untuk mencuci dengan mesin.

·       Bulu-bulu halus — bantal bulu-bulu halus dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci. Air dingin sebaiknya digunakan karena suhu tinggi dapat merusak bulu.

·       Poliester — poliester harus dicuci dengan lebih sedikit deterjen. Satu sendok makan deterjen dalam siklus lembut dengan air hangat sudah cukup.

·       Busa lateks atau memori — perasan di dalam mesin cuci dapat memecah busa, jadi bantal ini mungkin lebih cocok dicuci dengan tangan.

Bagaimana Lagi Cara Menjaga Bantal Tetap Segar?

Bantal harus digembungkan setiap hari untuk menghilangkan debu dan mempertahankan bentuknya. Setiap bulan atau lebih, mereka harus digantung di luar ruangan pada hari yang cerah. Mereka dapat diputar atau dibalik setiap satu atau dua jam agar seluruh permukaan terkena udara segar. Udara membantu menghilangkan bau.

Beberapa bantal tidak bisa dicuci dengan mesin. Mereka memerlukan jenis perawatan khusus. Label harus memberikan petunjuk pencucian. Jika hanya untuk membersihkan noda saja, bersihkan di permukaan bantal, tetapi jangan merendam seluruh bantal. Jika hanya dicuci dengan tangan, biasanya dapat dimasukkan ke dalam air, namun harus dibersihkan secara perlahan dengan tangan, bukan dengan mesin. Bantal yang memerlukan dry cleaning sebaiknya hanya dibersihkan oleh tenaga profesional karena air dapat menyebabkan kerusakan.

Bagaimana Cara Mengeringkan Bantal?

Bantal harus benar-benar kering. Kalau tidak, bisa terkena jamur. Saat mengeringkan, Anda bisa memeras air dari bantal, tapi hati-hati, jangan sampai mengubah bentuknya.

Jika cuaca sedang panas, sebagian besar bantal bisa digantung di tali jemuran hingga benar-benar kering. Terlepas dari cara Anda mengeringkan bantal, periksa kelembapan di dalamnya saat sudah kering.

Bisakah Anda Memasukkan Bantal ke dalam Pengering?

Beberapa bantal bisa dimasukkan ke dalam pengering, tergantung isinya. Saat mengeringkan bantal bulu, gunakan pengering dengan pengaturan udara kering tanpa panas. Anda dapat menambahkan bola pengering ke dalam pengering untuk memisahkan gumpalan.

Kebanyakan bantal bisa dikeringkan selama satu jam dengan siklus sedang. Menambahkan handuk kering dapat membantu mempercepatnya. Setelah siklus pengering selesai, biarkan bantal hingga dingin. Jika masih terasa basah setelah didinginkan, jalankan kembali. Jangan khawatir tentang sensor kering otomatis pada pengering Anda. Sensor hanya akan mendeteksi kelembapan di permukaan, bukan kelembapan di bagian dalam.

Seberapa Sering Bantal Harus Diganti?

Menjaga bantal tetap bersih adalah cara agar bantal bisa bertahan lama. Namun bantal yang terawat baik pun perlu diganti. Kebanyakan bantal harus diganti setiap 1 hingga 2 tahun. Bantal yang lebih mahal dan berkualitas lebih baik mungkin perlu diganti setiap 5 tahun.

Selamat mencoba, dan nikmati bantal segar di rumah Anda.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!


Share