logo-raywhite-offcanvas

21 May 2022

BERAPA UANG YANG SAYA PERLUKAN DI MUKA UNTUK MEMBELI RUMAH?

BERAPA UANG YANG SAYA PERLUKAN DI MUKA UNTUK MEMBELI RUMAH?

Hampir setengah dari pembeli rumah tidak memahami jumlah uang muka dalam pembelian rumah saat mengajukan pinjaman ke bank. Ray White Kebayoran Senopati akan membantu Anda untuk memberikan acuannya hari ini juga!

Pembelian rumah (baik rumah baru maupun seken) dengan menggunakan pinjaman dari bank dengan menjaminkan sertifikat rumah, biasanya memerlukan dana uang muka sebesar 10% sampai 20% dari harga pembelian, yang mana ini sangat tergantung dari profil calon peminjam dana dan profil rumah yang akan dijaminkan.

Untuk pembelian rumah (baik rumah baru maupun seken) dengan menggunakan dana pribadi Anda sendiri, jumlah uang muka bisa sangat bervariasi yang biasanya tergantung dari kesepakatan dua belah pihak antara pihak penjual dan Anda sebagai pihak pembeli.

Jadi, sebenarnya berapa yang Anda butuhkan?

MENGAPA SAYA MEMBUTUHKAN DANA UANG MUKA?

Dana uang muka pada pembelian rumah memiliki sejumlah fungsi, terutama untuk 'mengamankan’ pembelian rumah Anda dan mengurangi risiko bank pemberi pinjaman – itulah sebabnya umumnya, pemberi pinjaman akan meminta Anda memiliki dana uang muka yang harus dibayarkan di awal saat pengajuan pinjaman Anda disetujui.

Namun, dari mata pemberi pinjaman, ukuran simpanan atau tabungan Anda dapat memengaruhi kekuatan pinjaman Anda dan bertindak sebagai bukti kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Berapa-Banyak-Deposit-Yang-Saya-Butuhkan?

BERAPA BANYAK DEPOSIT YANG SAYA BUTUHKAN?

Pembelian rumah (baik rumah baru maupun seken) dengan menggunakan dana pribadi Anda sendiri, jumlah uang muka bisa sangat bervariasi yang biasanya tergantung dari kesepakatan dua belah pihak antara pihak penjual dan Anda sebagai pihak pembeli.

Namun untuk pembelian rumah (baik rumah baru maupun seken) dengan menggunakan pinjaman dari bank dengan menjaminkan sertifikat rumah, biasanya memerlukan dana uang muka sebesar 10% sampai 20% dari harga pembelian, yang mana ini sangat tergantung dari profil calon peminjam dana dan profil rumah yang akan dijaminkan serta sejumlah faktor dan kriteria lainnya.

Persentase dana uang muka ini tidak termasuk biaya transaksi. Beberapa akan menerima biaya admin yang lebih rendah, tetapi Anda mungkin harus membayar Asuransi Hipotek Pemberi Pinjaman. Beberapa pemberi pinjaman mungkin akan mengizinkan Anda meminjam antara 90 hingga 95% dari nilai rumah Anda, yang berarti Anda mungkin hanya perlu membayar dana uang muka 5%.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN PINJAMAN DENGAN DANA UANG MUKA KECIL?

Anda mungkin bisa mendapatkan persetujuan pinjaman hanya dengan dana uang muka 5%. Namun, ada biaya dan faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Pertama, Anda harus membayar asuransi yang dirancang untuk melindungi pemberi pinjaman Anda yang, di atas kertas, akan mengambil risiko dengan memberi Anda pinjaman. Asuransi ini biasanya dibayar sebagai pembayaran sekaligus saat pinjaman dilunasi.

Biaya asuransi menurut pemberi pinjaman atau perusahaan asuransi dan tergantung pada faktor-faktor seperti jumlah dana uang muka Anda, nilai pinjaman, status pekerjaan Anda, dan apakah rumah tersebut merupakan investasi atau rumah untuk ditinggali.

Cara lain untuk persetujuan pinjaman dengan setoran uang muka kecil adalah dengan menggunakan penjamin, yang melibatkan orang tua Anda atau kontak dekat lainnya menggunakan rumah mereka sebagai jaminan terhadap pinjaman Anda.

Biaya-Lain-Yang-Terlibat

APA BIAYA DIMUKA LAINNYA YANG TERLIBAT?

Anda tidak dapat mengosongkan seluruh rekening bank Anda untuk digunakan sebagai dana uang muka. Ada biaya dimuka dan berkelanjutan lainnya yang harus Anda tanggung juga. Asuransi hanyalah salah satunya. Ada biaya admin, materai, cicilan pinjaman Anda dan biaya bunga pinjaman.

Ray White Kebayoran Senopati sudah bekerjasama dengan Loan Market yang akan berperan sebagai penasihat keuangan Anda. Mereka ahli dalam menghitung angka, menegosiasikan dana uang muka, bunga dan biaya-biaya lainnya untuk Anda. Mereka juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 32 institusi pemberi pinjaman sehingga Anda akan memiliki banyak alternatif pilihan untuk Anda pilih nantinya. One stop property solution untuk Anda!

Anda berminat?

Kunjungi kantor kami di Jalan Senopati nomor 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau hubungi agen kami di 0812 3900 0385

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

Share