logo-raywhite-offcanvas

26 Jul 2021

Menjadi Lebih Produktif Selama Berada Di Rumah

Menjadi Lebih Produktif Selama Berada Di Rumah

Jika anda bekerja di rumah, mungkin seringkali sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Banyak gangguan baik yang disebabkan oleh diri anda sendiri atau yang disebabkan oleh orang lain. Misalnya, notifikasi ponsel anda yang tidak berhenti bunyi, anda teralihkan dan mulai menjelajah internet atau anda yang tiba-tiba memutuskan untuk mengobrak-abrik lemari makanan dan mulai mencari persediaan cemilan yang ada.Padahal belum tentu anda lapar, atau memang lapar mata karena menonton acara masak-masak dan makan besar yang sedang trend di tv dan internet. Dan akhirnya mengganggu konsentrasi anda yang seharusnya fokus mengerjakan tugas penting, malahan membuat tempat dimana anda berada berubah menjadi sofa keripik kentang atau cemilan lain yang menjadi favorit anda. Atau gangguan karena anak-anak yang berlarian di dekat anda berada, dan mulai berteriak mengajak anda ikut bermain.

Anda mencari cara, untuk menghasilkan tujuan produktif di rumah. Penting untuk kita mengetahui bahwa kita perlu disiplin, khususnya dengan jadwal rencana yang sudah dibuat, dan memastikan agar anda tetap efisien dalam bekerja selama di rumah. Mungkin sulit menjadi produktif sepanjang hari, terutama dengan adanya anak-anak dan suami/istri di rumah. Seperti anggota keluarga lain di rumah yang sering bicara satu sama lain dengan berisik, anak-anak yang perlu didampingi saat belajar daring, membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah dimana anda perlu fokus juga menyelesaikan pekerjaan kantor maupun saat mengikuti meeting virtual sebagai tuntutan pekerjaan.

Lalu bagaimana supaya kita bisa melakukan pekerjaan di rumah menjadi lebih produktif, fokus dan menyenangkan?

Pertama

FocusFokus

Belajarlah berkonsentrasi dengan mengendalikan pikiran dan diri anda untuk mengingat tujuan dan harapan yang ingin anda capai. Bekerja untuk diri sendiri dan tidak memiliki bos yang mengawasi setiap gerakan anda, memantau kemajuan anda, dan menyuruh anda kembali bekerja, adalah hal yang tidak mudah. Karena sudah terbiasa bekerja di lingkungan kantor, yang selalu diawasi dan suasana semua orang bekerja. 

Melatih fokus untuk meminimalkan gangguan yang sebanyak anda bisa, misalnya: mematikan televisi, radio, tidak mengakses Facebook, atau platform media sosial lainnya. Tempelkan kata-kata motivasi di tembok dekat meja kerja sebagai pengingat semangat anda. 

Anda harus mendorong kemauan diri anda lebih keras untuk menjadi lebih produktif karena sangat mudah untuk tidak efisien dengan waktu anda. Anda harus belajar mendisiplinkan diri sendiri, dengan tekad usaha dan kemauan yang besar. Ketika anda tetap fokus, anda akan menyelesaikan lebih banyak hal, karena produktivitas dan efisiensi anda meroket, sehingga anda akan merasa termotivasi dan lebih berhasil.

Kedua,

Tempat-Kerja-Yang-NyamanTempat Kerja Yang Nyaman

Jika anda punya area ruang tempat kerja, seperti meja kerja, kursi, lemari tempat penyimpanan dokumen dan buku, anda bisa mendekorasi atau merubah posisi furniture, dan meletakan pot kecil dengan tanaman hijau atau bunga-bunga yang cantik. Tambahkan pengharum ruangan seperti aroma terapi yang menenangkan, dan membantu anda lebih fokus. Putarkan juga musik favorit dengan volume kecil atau sedang agar dapat menambah suasana nyaman sepanjang anda bekerja.

Ketiga,

Blok-KalenderBlok Kalender

bagi dan atur waktu anda di dalam kalender sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda selama yang akan anda lakukan. Gunakan aplikasi kalender online untuk menuliskan rencana harian, mingguan, bulanan sebagai pengingat anda dengan menambahkan alarm bunyi. Aplikasi kalender online misalnya pada Google Calendar, dapat membantu anda untuk melakukan sinkronisasi di laptop, handphone maupun device lainnya.

Keempat,

To-Do-ListTo Do List

Buatlah daftar apa saja yang harus dikerjakan di selembar kertas, taruhlah di dalam kolom-kolom: aktivitas penting dan mendesak, aktivitas penting namun tidak mendesak, aktivitas tidak penting tapi mendesak, dan aktivitas tidak penting dan tidak mendesak. Cara ini akan membantu anda memilih prioritas mana yang akan dikerjakan dan memerlukan fokus anda terlebih dulu. Tidak ada aktivitas yang benar-benar bisa tuntas dikerjakan pada hari yang sama, bila anda mengerjakannya tanpa skala prioritas yang baik.

Kelima,

Catatan-TempelBuat Catatan Tempel

bisa menggunakan catatan tempel seperti sticky note yaitu kumpulan lembaran kertas berbentuk persegi berukuran 3 inci dilengkapi dengan perekat di salah satu sisi yang biasanya dibagian belakang dan bisa dilekatkan ataupun dilepas berulang kali. Jadi bisa digunakan untuk membuat catatan penting dan disesuaikan dengan jadwal penting anda di kalender. Sticky note bisa berwarna biru sebagai kategori prioritas tugas. Bisa dibuat kategori warna pink untuk tugas sangat penting. Jadi segera setelah anda mendapatkan tugas, anda bisa tulis di sticky note berwarna tadi. Dan semua tugas yang telah diselesaikan bisa anda pindahkan sesuai warna tersebut dengan tambahan catatan tanggal penyelesaiannya. 

Hal ini tentu bisa anda lakukan, sehingga anda terbebas dari pikiran bahwa, anda tidak melewatkan apapun sepanjang hari kerja. Bisa sekalian anda meletakkan memo tugas peribadi anda setelah tugas utama selesai. Dengan ini, ketika anda memulai tugas untuk klein, anda dapat dengan mudah menelusuri daftar tugas anda dan segera mulai mengerjakannya. Anda tidak perlu khawatir ada tugas yang terlewat.

Keenam

Makan-SiangMakan Siang

angan lewatkan jadwal istirahat. Beritahu anggota keluarga anda di rumah jam istirahat anda, agar mereka tidak mengganggu anda bekerja di luar jam tersebut. Memaksimalkan aktivitas anda bersama keluarga di saat jam istirahat, misalnya berkomunikasi, menonton program tv kesayangan, bermain atau makan siang.

Beristirahat dan meluangkan waktu santai di antara jam kerja akan membantu menjernihkan pikiran anda, lho. Regangkan semua otot-otot, gunakan gerakan rileks yang mudah, tarik nafas lebih teratur dapat dilakukan setiap 2 - 3 jam sekali.

Pastikan anda meluangkan waktu untuk anda sendiri, dan mendedikasikan waktu anda untuk orang yang dicintai, sehingga anda juga memiliki waktu yang berkualitas. 

Semoga keenam hal diatas dapat membantu anda menjadi lebih produktif di rumah.

"SALAM SEMANGAT PRODUKTIF INDONESIA"

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

 

Sumber: 

Instagram: @raywhitesenopati

Instagram Ray White Kebayoran Senopati Theme of Stop The Spread : Bikin Suasana Kerja Di Rumah Lebih Asik, Yuk!

Share