logo-raywhite-offcanvas

03 Sep 2022

Bagaimana Mengukur Karpet Pada Interior Rumah?

Bagaimana Mengukur Karpet Pada Interior Rumah?

Memiliki rumah dengan lantai marmer atau kayu yang bagus dan tahan lama adalah idaman banyak orang. Tapi terkadang Anda mungkin menginginkan sensasi kaki yang lebih lembut dengan menggunakan karpet yang indah di dalam rumah Anda.

Namun, apakah Anda mempertimbangkan untuk memasang karpet itu sendiri atau hanya ingin mengetahui dimensi ukuran saat Anda berbelanja karpet?

Ray White Kebayoran Senopati akan memberikan beberapa panduan perkiraan mengukur karpet sesuai dengan kebutuhan pada ruang-ruang di rumah Anda. Beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum memulai pengukuran adalah meteran atau laser pengukur jarak, kalkulator, kertas dan pensil.

berapa-banyak-karpet-yang-dibutuhkan

  1. Bagaimana mengukur berapa banyak karpet yang saya butuhkan?

Ukur panjang x lebar: Ukur panjang dan lebar pada titik terlebar ruangan lalu kalikan. Pengukuran memberikan Anda gambaran total meter persegi yang dibutuhkan (harga karpet biasanya per meter persegi) - misalnya 2m x 4m = 8m².

Ukur lekukan apa pun: Tidak semua ruangan berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang sempurna, ini berarti Anda juga perlu mengukur lekukan apa pun pada ruangan. Ini penting untuk memastikan bahwa semua karpet yang Anda beli dapat digunakan secara efektif, meminimalkan biaya dan pemborosan.

karpet-pada-tangga

  1. Bagaimana cara mengukur karpet pada tangga?

Ukur tapak + anak tangga: Tapak adalah bagian dari anak tangga yang diinjak. Dimulai dengan anak tangga teratas dan ukur kedalaman tapak. Naik/turun anak tangga adalah tinggi antara satu anak tangga dengan anak tangga berikutnya - misalnya 20cm + 20cm = 40cm.

Tambahkan sekitar 5cm per langkah untuk menutupi tepi atau tambahan yang diperlukan.

Hitung jumlah langkah: Kalikan angka pertama Anda dengan jumlah langkah yang harus Anda tempuh: misalnya 20cm + 20cm = 40cm x 12 langkah = 4,8m. Ini adalah angka panjang karpet Anda.

Ukur lebar: Ukur lebar anak tangga untuk mengetahui seberapa lebar karpet yang dibutuhkan. Tambahkan 5cm untuk kelonggaran – ini akan menjadi angka lebar karpet Anda.

ruang-lebih-luas-dari-gulungan-karpet

  1. Bagaimana jika ruangan lebih luas dari gulungan karpet?

Selalu ada ruangan yang luasnya lebih lebar dari gulungan karpet. Misalnya untuk ruangan 5 x 6m, dan Anda memilih karpet dengan gulungan 3m. Maka Anda akan membutuhkan karpet berukuran 3 x 6 m, dan Anda akan memiliki sekitar 2 kali 6 m ruang tersisa untuk diisi.

Cara terbaik untuk menangani ini adalah dengan membeli karpet lain yang sama, lalu Anda dapat memotong lebarnya menjadi 2m.

  1. Apakah saya membutuhkan seorang profesional?

Jika Anda memiliki tata letak ruangan yang tidak biasa, untuk bekerja dengan pencocokan pola, atau mencari karpet yang cocok untuk beberapa area di rumah Anda, kami sarankan untuk mendapatkan ahli dalam pengukuran dan perhitungan. Profesional selalu tahu apa yang harus dicari dan akan ada di sana untuk menunjukkan sesuatu yang mungkin Anda lewatkan atau memberi saran lainnya.

Perlu diingat bahwa ini hanya panduan perkiraan. Pakar karpet biasanya ingin dapat melihat ruang dan mengukurnya sendiri. Ini disarankan, karena mereka dapat membantu merencanakan cara paling ekonomis untuk meletakkan karpet di rumah Anda.

 

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share