logo-raywhite-offcanvas

16 Jul 2022

8 CARA MENJUAL RUMAH DARI SUDUT PANDANG RAY WHITE KEBAYORAN SENOPATI

8 CARA MENJUAL RUMAH DARI SUDUT PANDANG RAY WHITE KEBAYORAN SENOPATI

Pernahkah Anda berpikir, “Saya ingin menjual rumah saya, tetapi harus mulai dari mana?” Jika demikian, Anda tidak sendirian. Menurut team Senopatiers, Ray White Kebayoran Senopati, penjual biasa tinggal di rumah mereka selama 15 tahun sebelum menjualnya, dan mereka menghabiskan waktu 6 bulan untuk memikirkan apa saja yang harus dilakukan sebelum benar-benar menjualnya!

Mungkin Anda berniat untuk menjual rumah karena Anda membutuhkan ruang yang lebih banyak, ingin berhemat, atau pindah karena alasan sekolah atau pekerjaan. Apa pun alasan Anda, sangat penting untuk bersiap-siap menghadapi proses penjualan. Bisa jadi ini akan menjadi emosional dan stress, terutama bagi Anda yang baru pertama kali menjual rumah.

Sebagai pembeli, Anda banyak menghabiskan waktu untuk mengumpulkan dokumen keuangan dan mencari rumah yang sempurna. Sebagai penjual, Anda akan menghabiskan waktu untuk membuat rumah Anda terlihat terbaik bagi calon pembeli. Dan tergantung pada rencana Anda, Anda mungkin juga memiliki tekanan tambahan untuk membeli dan menjual rumah pada saat yang bersamaan.

Berikut adalah 8 cara menurut sudut pandang Ray White Kebayoran Senopati yang akan berguna untuk Anda untuk menjual rumah:

  1. IDENTIFIKASI MOTIVASI ANDA UNTUK MENJUAL

Temukan apa alasan Anda menjual rumah. Karena prosesnya bisa sulit dan mahal, jadi pastikan Anda yakin ingin menjual sebelum terlalu jauh ke dalam prosesnya.

Hubungi pemberi pinjaman Anda untuk mendiskusikan sisa cicilan kredit rumah. Dengan mengetahui angka ini, akan dapat membantu Anda menganggarkan biaya untuk perbaikan yang perlu Anda lakukan sebelum me-listing rumah atau membantu Anda merencanakan pembelian rumah di masa depan.

Catat juga hal-hal penting lain seperti kapan waktu Anda untuk pindah? Berapa harga jual minimum yang akan Anda terima?

  1. CARI TAHU WAKTU TERBAIK UNTUK MENJUAL RUMAH

Memahami keadaan pasar real estate termasuk apakah Anda berada di pasar pembeli atau penjual, dapat membantu Anda mengidentifikasi waktu terbaik untuk menjual. Jika Anda memiliki fleksibilitas waktu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menunggu pasar penjual, yang terjadi ketika ada lebih banyak pembeli yang mencari rumah daripada rumah yang tersedia. Ini memberi penjual kekuatan negosiasi pada harga.

Menjual-Rumah-Dengan-Atau-Tanpa-Agen

  1. MENJUAL RUMAH DENGAN ATAU TANPA AGEN REAL ESTATE

Anda harus putuskan diawal apakah Anda akan menjual rumah Anda sendiri atau menggunakan agen real estate. Menurut data kami, hanya sekitar 10 persen penjual yang menginformasikan penjualan rumah mereka kepada kami tanpa pernah melibatkan agen real estate. 10 persen lainnya mencoba menjual sendiri tetapi akhirnya meminta bantuan agen real estate.

Pertimbangkan pro dan kontra dari setiap opsi, termasuk seberapa cepat Anda perlu menjual, waktu terbaik menjual dan fitur terbaik rumah Anda, yang mungkin memerlukan keahlian dalam negosiasi.

Jika Anda berencana untuk menjual sendiri (For Sale by Owner):

  • Alokasikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan rumah Anda untuk dipasarkan di berbagai saluran penjualan — inilah mengapa agen real estate bekerja penuh waktu
  • Teliti penjualan yang sebanding baru-baru ini di wilayah Anda
  • Atur waktu yang fleksibel untuk showing rumah Anda kepada calon pembeli
  • Dengarkan umpan balik dari agen real estate dan pembeli

Jika Anda berencana untuk bekerja sama dengan Agen Real Estate:

  • Mintalah referensi dari keluarga dan teman-teman Anda
  • Wawancarai setiap agen real estate profesional di area Anda
  • Jangan ragu untuk menegosiasikan kontrak listing Anda
  • Percayai saran dari agen real estate Anda
  1. SELESAIKAN PERBAIKAN RUMAH

Ingin pembeli jatuh cinta dengan rumah Anda, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali membelinya? Luangkanlah waktu untuk memperbaiki dan menyiapkan rumah sebaik mungkin agar dapat menarik banyak pembeli potensial!

  1. TENTUKAN HARGA RUMAH ANDA SECARA KOMPETITIF

Menemukan harga listing yang tepat untuk rumah Anda bisa menjadi tantangan. Rumah dengan harga yang akurat lebih mungkin untuk dijual pada waktu yang tepat. Agen real estate Anda harus ahli dalam nilai rumah di daerah Anda, jadi mereka adalah sumber yang bagus untuk menemukan harga listing yang tepat. Selain itu, mereka dapat memberikan panduan tentang strategi penetapan harga yang akan memicu minat paling besar dan bahkan mungkin menginspirasi perang penawaran.

  1. PASARKAN LISTING ANDA SECARA EFEKTIF

Pembeli rumah saat ini mencari rumah dengan banyak cara, mulai dari menjelajahi daftar online, hingga mencari tanda ‘Dijual’ atau ‘Open House’. Semakin banyak listingan Anda muncul, semakin banyak pembeli yang akan melihatnya, dan semakin besar kemungkinan Anda menemukan pembeli yang tepat.

Gunakan foto profesional dapat membantu membuat rumah Anda menonjol. Pastikan fotonya realistis dan berkualitas tinggi. Deskripsi rumah harus berisi fitur terbaik dan fasilitas yang dicari pembeli di daerah Anda.

Jadwalkan inspeksi rumah Anda sebanyak mungkin, lalu catat siapa saja yang berkunjung. Dan jika Anda menjual sendiri, pertimbangkan untuk meminta perwakilan pihak ketiga menyelenggarakan tur rumah Anda sehingga pembeli merasa nyaman mengutarakan pendapat mereka.

  1. PERHATIKAN APA YANG MENJADI HAMBATAN

Laporan inspeksi rumah yang buruk, penilaian rumah yang terlalu rendah atau kegagalan pembiayaan melalui bank. Jika rumah telah dipasarkan untuk sementara waktu dan tidak terjual secepat yang Anda harapkan, Anda mungkin perlu mengatasi beberapa langkah yang kami dibahas di atas, seperti melakukan perbaikan rumah, menetapkan harga yang kompetitif, dan memasarkan secara efektif.

Kewajiban-Kesepakatan-Penjualan-Rumah

  1. PENUHI KEWAJIBAN KESEPAKATAN PENJUALAN

Ketika saatnya untuk menutup kesepakatan penjualan rumah, sebagai penjual Anda bertanggung jawab atas beberapa dokumen dan proses hukum.

Tinjaulah perkiraan biaya yang muncul. Biaya ini dapat mencapai 8 hingga 10 persen dari harga jual rumah, dan jumlah tersebut terdiri dari komisi agen real estate Anda serta pajak penjualan.

Anda juga akan menandatangani semua dokumen hukum yang terkait dengan penjualan rumah Anda. Lalu kunci rumah diserahkan kepada pembeli setelah Anda mengosongkan tempat, atau tergantung pada ketentuan perjanjian Anda dengan pembeli.

Demikian 8 cara menjual rumah dari sudut pandang Ray White Kebayoran Senopati. Anda siap menjual rumah Anda saat ini? Anda siap untuk membicarakan tujuan Anda selanjutnya? Ray White Kebayoran Senopati di sini siap membantu Anda. Hubungi kami sekarang!

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share