logo-raywhite-offcanvas

02 Oct 2022

Apresiasi Ray White Kebayoran Senopati Terhadap Warisan Budaya Indonesia di Hari Batik Nasional

Apresiasi Ray White Kebayoran Senopati Terhadap Warisan Budaya Indonesia di Hari Batik Nasional

Batik adalah seni yang hidup dan ekspresi warisan budaya Indonesia. Batik merupakan kain paling terkenal di Indonesia dan penyumbang ekonomi yang cukup penting. Teknik membuat pola batik pada tekstil dengan pewarna dari bahan lilin atau malam, adalah sebuah karya seni yang diturunkan dari generasi ke generasi di Indonesia.

Ray White Kebayoran Senopati turut mengapresiasi kesadaran kita semua terhadap batik, dengan mendorong tim marketing executive, principal dan director serta staff operasional untuk memakai batik pada hari tertentu di setiap minggunya. Dan sebagai ekspresi kebanggaan nasional, Ray White Kebayoran Senopati juga belajar tentang motif dan pola batik dengan berkunjung secara khusus ke Museum Tekstil di Hari Batik Nasional kali ini. Inilah cara kreatif kami untuk menjaga seni tetap hidup!

Menariknya adalah, bahwa di setiap daerah di Indonesia mempunyai jenis batik dengan ciri khas goresan motif yang sangat beragam, yang memiliki simbol dan filosofi latar belakang yang berbeda, berdasarkan sejarah dan kekayaan alam daerah masing-masing.

apresiasi-batik-nusantara

Setidaknya ada lebih dari sekitar 5000 beragam motif yang tersebar di Indonesia. Nah, beberapa jenis batik yang paling sering digunakan oleh Ray White Kebayoran Senopati, diantaranya adalah:

Batik Parang yang banyak ditemukan di Solo dan Yogyakarta ini, merupakan jenis batik asli yang paling tua di Indonesia! Batik parang dengan pola dasar S sering diartikan sebagai simbol kemauan dan tekad yang kuat dari seseorang.

Batik Sogan adalah jenis yang elegan khas Keraton Jawa yang motifnya didominasi oleh beberapa warna utama sebagai simbol sifat manusia, yaitu hitam (keduniawian), merah (kemarahan), kuning (keinginan) dan putih (kebenaran).

Batik Kawung yang berasal dari Yogyakarta, memiliki motif bulatan-bulatan yang merupakan simbol kekuasaan Jawa, dan pada saat itu hanya boleh dikenakan oleh kalangan kerajaan saja.

Batik Lasem merupakan jenis batik perpaduan antara budaya Jawa dan Tionghoa yang terkenal dengan motif corak merahnya yang khas!

Batik Sekar Jagad memiliki motif yang menyerupai pulau-pulau yang menggambarkan keindahan berbagai suku dan bangsa di dunia

Batik Indonesia biasanya diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan, yang berkontribusi dalam membentuk jati diri bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa batik merupakan budaya tradisional yang akan terus hidup di era modern seperti sekarang ini.

selamat-hari-batik-nasional

Batik adalah warisan budaya kita, dan adalah tanggung jawab kita semua untuk mencintai dan melestarikannya. Selamat Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022!

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

 

Share