logo-raywhite-offcanvas

28 May 2022

KEBAYORAN BARU: KAWASAN CAGAR BUDAYA DAN IDENTITAS KOTA JAKARTA SELATAN!

KEBAYORAN BARU: KAWASAN CAGAR BUDAYA DAN IDENTITAS KOTA JAKARTA SELATAN!

Kawasan Menteng, Jakarta Pusat adalah kota taman pertama? Ini persepsi kebanyakan kita di luar sana ya. Kawasan Menteng adalah kawasan yang dirancang oleh arsitek Belanda. Nah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah kota taman pertama di Indonesia yang dirancang pada tahun 1948 oleh arsitek lokal bernama Mohammad Soesilo.

Dilihat dari sejarah perkembangan Kota Jakarta, Kebayoran Baru memiliki aset dan potensi yang layak masuk sebagai kawasan cagar budaya. Terdapat banyak taman kota sebagai ruang terbuka yang hijau dan asri yang difungsikan sebagai paru-paru kota Jakarta Selatan yang dapat membuat ketersediaan siklus oksigen yang sangat baik karena banyaknya tumbuh-tumbuhan ini.

Beberapa taman kota di Kawasan Kebayoran Baru seperti Taman Langsat, Taman Ayodya dan Taman Barito membuktikan bahwa Kebayoran Baru adalah kawasan paling berbeda dengan kawasan Jakarta lainnya dengan memiliki area taman terbanyak, lho! Kami juga menyebutnya sebagai kota taman tropis, karena koleksi taman di kawasan Kebayoran Baru memang ini memang mengadaptasi dari kota taman bergaya Belanda pada musim panas.

Nah, karenanya kota taman Kebayoran Baru yang telah berusia lebih dari 50 tahun ini dapat dikatakan sebagai Kawasan Cagar Budaya sehingga harus dilindungi, dilestarikan dan dikembangkan secara hati-hati.

Kebayoran-Baru-Kawasan-Cagar-Budaya

Sampai dengan saat ini Kebayoran Baru masih memiliki ruang terbuka hijau yang cukup. Namun, tetap harus dirawat dan dijaga keasriannya!

Sebagian besar perumahan dengan berbagai ukuran dan gaya yang berbeda di kawasan Kebayoran Baru juga berperan besar dan melatarbelakangi sejarah kota taman ini. Sebut saja Jalan Kertanegara, Jalan Daksa, Jalan Aditiyawarman, Jalan Lamandau dan Jalan Mendawai. Dulunya, kawasan ini adalah deretan perumahan cantik yang klasik yang menjadi bagian perancangan arsitek lokal!

Kebayoran Baru sebagai kota taman memiliki nilai ekologi, ekonomi, edukatif, dan estetis seharusnya dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk kelangsungan hidup sebuah kota yang sangat konsisten menuju kawasan pusat perdagangan dan mungkin menjadi tujuan wisata lho!

Jadi, kita semua harus bersama-sama menjaga dan membangunnya menjadi sebuah identitas kota Jakarta Selatan yang hijau, nyaman sehat, elit dan modern.

Jangan lupa, bila Anda tertarik untuk memiliki properti atau tinggal di Kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, hubungi Ray White Kebayoran Senopati sekarang juga. Anda akan mendapatkan berbagai pilihan properti kelas atas yang sungguh layak untuk dijadikan koleksi paling berharga Anda!

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

Share