logo-raywhite-offcanvas

27 Aug 2021

Cara Membersihkan Seluruh Rumah Dengan Produk Pembersih Buatan Sendiri

Cara Membersihkan Seluruh Rumah  Dengan Produk Pembersih Buatan Sendiri

Mengapa Anda harus membuat pembersih rumah tangga sendiri di rumah? Pembersih alami bebas racun buatan sendiri, yang akan membuat rumah anda berkilau.

Berikut adalah alasan utama:

  1. Sangat Baik Untuk Dompet Anda

Membuat produk pembersih sendiri sangat hemat anggaran. Menggunakan produk pembersih buatan sendiri menghemat banyak uang karena bahan yang Anda beli MURAH Dan MUDAH. Mengganti pembersih yang dibeli di toko Anda dengan produk pembersih buatan sendiri akan menghemat banyak uang receh setiap bulan.

  1. Menggunakan pembersih alami buatan sendiri baik untuk kesehatan Anda.

Bahan kimia yang ada di banyak pembersih yang dibeli di toko sangat beracun dan berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa pembersih rumah tangga dapat menyebabkan segudang masalah kesehatan termasuk: Kanker, asma, disfungsi sistem kekebalan tubuh, peradangan pada selaput lendir, kerusakan pada saluran udara.

  1. Menggunakan Pembersih Buatan Sendiri Baik Untuk Lingkungan

Sebagian besar pembersih yang dibeli di toko menggunakan bahan-bahan yang sangat beracun, dan bahan-bahan ini merusak lingkungan. Dari mencemari saluran air, hingga menyebabkan gangguan hormon pada satwa liar, sebagian besar pembersih umum sebaiknya dihindari.

Sekarang mari kita masuk ke bagaimana Anda dapat menjaga rumah Anda tetap bersih dan menghemat banyak uang dengan membuat produk pembersih Anda sendiri. Ini adalah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat segalanya untuk membersihkan rumah Anda dan aman untuk kesehatan dan lingkungan, yaitu:

Soda kue, Soda Cuci (Sodium Carbonate), Baby Oil, Vinegar, Cuka, Alkohol, Garam laut, Sabun Kastilia, Asam Sitrat (opsional), Minyak esensial. Beberapa yang terbaik dan mudah ditemukan di pasar atau toko online yaitu pembersihan serbaguna seperti peppermint, lavender, pohon teh, lemon, jeruk, cengkeh, dan kayu manis.

Yuk, kita mulai membuat sendiri:

Deterjen Pencuci Piring

diterjen-pencuci-piring

Diterjen Pencuci Piring

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir soda kue
  • 1 cangkir soda cuci
  • 1 cangkir cuka (untuk mengangkat kotoran)
  • 1 cangkir garam
  • 30 tetes minyak esensial lemon atau jeruk atau 1 tetes asam sitrat (untuk membunuh bakteri dan kuman juga menghilangkan bau)

 Cara membuat:

  1. Tempatkan semua bahan kering dalam wadah (soda kue, soda cuci, garam), lalu aduk sampai semua bahan kering tercampur.
  2. Masukkan bahan cair minyak esensial dan campur sampai benar-benar merata.
  3. Lalu bisa langsung anda gunakan seperti biasanya, 1 tetes deterjen buatan untuk mencuci piring.
Pembersih Jendela, Kaca, Dan Cermin

pembersih-jendela-kacaPembersih Jendela, Kaca, Cermin

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir vinegar
  • 1/2 cangkir alkohol
  • 1 cangkir air suling atau bisa juga air mineral
  • Wadah botol kaca spray

 Cara membuat:

  1. Tempatkan semua bahan dalam botol kaca dan campurkan semua bahan sampai rata, sebelum digunakan. Untuk menyimpan apa pun yang mengandung alkohol dan vinegar disarankan menggunakan botol kaca semprot. Karena kalau menggunakan botol plastik, vinegar dan alkohol dapat merusak botol plastik.
  2. Lalu bisa langsung anda gunakan seperti biasanya, dengan menyemprotkan pembersih buatan untuk membersihkan kaca jendela.
Pembersih Untuk Wastafel, Pancuran, Toilet Dan Lantai Kamar Mandi

pembersih-wastafelPembersih Wastafel, Pancuran, Toilet dan Lantai Kamar Mandi

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir soda kue
  • 1 cangkir air suling atau bisa juga air mineral
  • Minyak esensial pilihan (seperti lemon, pohon teh, lavender, jeruk, peppermint, atau cengkeh)
  • Wadah botol bisa plastik

Cara membuat:

  1. Taburkan baking soda di atas area yang Anda bersihkan terlebih dahulu dengan air, lalu oleskan minyak esensial Anda (biasanya 3-5 tetes sudah cukup untuk wastafel atau toilet). Lalu diamkan 15 - 30 menit atau biarkan selama mungkin.
  2. Gunakan sikat scrub, gosok seluruh area lantai kamar mandi, toilet, pancuran dan wastafel sampai bersih dan bilas dengan air.
  3. Membersihkan toilet setiap minggu sangat penting agar Anda tidak menumpuk banyak kotoran. Menggosok toilet hanya dengan air setiap hari membantu pemeliharaan.
  4. Untuk pembersih berbusa ekstra, bisa dengan menambahkan beberapa tetes castile soap atau membasahi kain dengan cuka/vinegar, akan sangat membantu meningkatkan daya pembersihannya.
Desinfektan Pembersih Perabotan Rumah

disinfektan-pembersih-perabotanDisinfektan Pembersih Perabotan RUmah

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir vinegar
  • 1/2 cangkir alkohol
  • 1 cangkir air suling atau bisa juga air mineral
  • 40 tetes minyak esensial (bisa jeruk, peppermint, dan cengkeh, teh, lavender, dan lemon yang anda sukai. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, periksa kembali apakah minyak yang Anda gunakan tidak beracun bagi mereka.)
  • Wadah botol kaca semprot.

 Cara membuat:

  1. Gunakan botol kaca. Isi botol semprot dengan semua bahan dan kocok sampai rata, Untuk menyimpan apa pun yang mengandung alkohol dengan vinegar, disarankan menggunakan botol kaca. Karena kalau menggunakan botol plastik, vinegar dengan alkohol dapat merusak botol plastik.
  2. Lalu masukan minyak esensial lalu kocok sampai rata. 
  3. Setelah semua bahan tercampur rata, bisa langsung anda gunakan seperti biasanya. Bisa menyemprotkan desinfektan buatan untuk membersihkan peralatan rumah dengan menggunakan kain yang bersih.
Penyegar Udara

penyegar-udara

Penyegar Udara/Aromatherapy

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir alkohol
  • 1 cangkir air suling atau bisa juga air mineral
  • Minyak Atsiri pilihan (Seperti papermint, lavender, jahe, eukaliptus, lemon, jeruk purut atau minyak esensial favorit Anda)
  • Wadah botol bisa plastik

 Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan kering dalam botol semprot dan campurkan dengan baik sebelum digunakan.
  2. Semprotkan ke udara dan di atas furniture dan bersihkan dengan kain bersih. 
  3. Atau anda bisa menggunakan alat diffuser, untuk mengubah cairan penyegar udara menjadi uap wangi atau aromatherapy yang akan menyebar ke udara.

Anda bisa membuat dua contoh campuran wangi sesuai fungsinya:

  1. Campuran wangi jeruk untuk menyegarkan dan mengatasi gangguan mood: 18 tetes  Essence Oil  oranye, 10 tetes  Essence Oil  lemon, 8 tetes Essence Oil jeruk bali. 
  2. Campuran wangi lavender untuk meningkatkan ketenangan, mengurangi stres dan kecemasan: 15 tetes Essence Oil lavender, 10 tetes Essence Oil vanilla, 8 tetes Essence Oil lemon.

Semoga pembersih buatan sendiri bisa membantu anda karena lebih murah, menjaga lingkungan dan tentunya membuat anda lebih kreatif dan produktif di rumah.

 Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

 

Sumber:

Life & Home Living Popmama.com

Share