logo-raywhite-offcanvas

16 Apr 2022

MENGAPA KITA MERAYAKAN PASKAH?

MENGAPA KITA MERAYAKAN PASKAH?

MENGAPA KITA MERAYAKAN PASKAH?

Bagi banyak orang, Paskah terutama merupakan perayaan keluarga yang biasanya diisi dengan aktivitas mencari telur Paskah, dekorasi kelinci Paskah, coklat dan tentu saja, telur warna-warni!

Bagi orang Kristen, Paskah adalah festival tertua dan tertinggi di tahun gereja. Kali ini, kami akan menjawab pertanyaan paling penting tentang asal usul, makna, dan kebiasaan Paskah. Yuk disimak ya.

APA SEBENARNYA YANG KITA RAYAKAN PADA HARI PASKAH?

Di Hari Paskah, orang Kristen merayakan kemenangan Yesus Kristus dari kematian yang dirayakan setiap tahunnya. Paskah dirayakan tiga hari setelah wafatnya Yesus Kristus di kayu salib. Dengan kata lain, hari kebangkitan Yesus Kristus adalah kehidupan yang kekal yang diberikan kepada seluruh umat manusia.

APA PENTINGNYA RANGKAIAN HARI PERAYAAH SEBELUM DAN SESUDAH PASKAH?

Waktu persiapan Paskah sudah dimulai pada Rabu Abu, dilanjutkan dengan hari Minggu Prapaskah, yang termasuk hari pertobatan, musim puasa dan berpantang selama 40 hari, dan pekan suci. Pekan suci merupakan rangkaian Paskah yang terdiri dari Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci, dan Hari Paskah pada hari Minggunya.

Prosesi-Perayaah-Sebelum-Hari-Paskah

PROSESI PERAYAAN SEBELUM HARI PASKAH

Rabu Abu

Rabu Abu merupakan awal masa Prapaskah. Umat Kristen menandai diri dengan adanya abu pada dahi mereka sebagai tanda bahwa manusia berasal dari abu dan kembali ke abu. Abu berasal dari daun palem kering yang sudah dibakar dan sudah diberkati pada tahun sebelumnya. Rabu Abu adalah hari puasa dan pantang yang ketat – tidak makan daging adalah pantangan salah satunya atau hanya satu kali kenyang serta hanya camilan kecil di pagi dan sore hari.

Minggu Palma

Minggu Palma adalah awal dari Pekan Suci atau Pekan Sengsara yang mengenang masuknya Yesus ke Yerusalem. Yesus ingin merayakan Paskah bersama murid-murid-Nya. Untuk mengenang peristiwa di Yerusalem ini, umat Kristen membawa cabang pohon palem yang akan diberkati, lalu mereka pergi ke gereja dalam prosesi yang khidmat. Setelah misa, cabang-cabang palem yang sudah disucikan dibawa pulang dan ditempatkan di belakang salib atau gambar orang-orang kudus.

Kamis Putih

Kamis Putih menandai awal dari Tiga Hari Suci. Pada hari Kamis Putih, Yesus merayakan Paskah bersama murid-muridnya pada malam penangkapannya. Dia meminta mereka untuk merayakan Perjamuan Tuhan bersama untuk mengenangnya. Yesus sudah tahu bahwa salah satu dari dua belas rasul akan menyerahkan Dia kepada orang Romawi. Sebagai tanda kasih, Yesus bahkan membasuh kaki murid-muridnya. Pada hari Kamis Putih, khususnya umat Katolik, juga merayakan Misa Perjamuan Terakhir. Selama kebaktian ini, imam secara simbolis membasuh kaki beberapa umat beriman - seperti yang dilakukan Yesus kepada murid-muridnya.

Jumat Agung

Ini adalah hari pertama dari Tiga Hari suci yang melambangkan pesan utama iman Kristen tentang penderitaan, kematian dan kebangkitan Yesus Kristus. Pada hari Jumat Agung, Yesus dihukum mati dan disalibkan oleh gubernur Romawi di Yudea, Pontius Pilatus. Karena pada jam 3 siang hari itu dianggap sebagai jam kematian-Nya, liturgi Jumat Agung juga berlangsung pada jam yang sama hingga saat ini. Hari Jumat Agung menjadi salah satu hari raya tertinggi, karena kematian Yesus, bukan kebangkitan-Nya dari kematian, dianggap telah menebus seluruh umat manusia dari dosa asal.

Sabtu Suci

Sabtu Suci adalah hari terakhir Pekan Suci dan hari kedua dari Tiga Hari Suci. Sabtu Suci kadang-kadang disebut Sabtu Hening, karena lonceng gereja tidak berbunyi dan tidak ada kebaktian. Ini adalah hari Makam Suci, ketika umat Kristen percaya dan fokus pada kesedihan serta rasa sakit penyaliban Yesus.

Minggu-Paskah

Minggu Paskah

Masa Prapaskah selama 40 hari berakhir di pagi hari pada hari Minggu Paskah. Pada hari Minggu Paskah, orang Kristen merayakan kebangkitan Yesus dan kemenangan hidup atas kematian. Paskah adalah perayaan tertinggi Kekristenan. Karena kebangkitan-Nya telah membangun kepercayaan akan kehidupan setelah kematian.

Paskah juga disebut perayaan atas harapan oleh orang yang percaya. Siapa pun yang mengetahui tentang makna Hari Paskah tidak boleh berputus asa. Karena setiap cobaan yang berat pasti akan berakhir dan kita semua akan mendapat kebahagiaan pada akhirnya.

Ray White Kebayoran Senopati mengucapkan: Selamat Hari Raya Paskah, Tuhan yang Maha Baik Memberkati Kita Semua!

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solutions!

Share