logo-raywhite-offcanvas

06 Jul 2021

Yuk Kita Mengelola Stres Dengan Cara Yang Mudah

Yuk Kita Mengelola Stres Dengan Cara Yang Mudah

Pada saat ini, karena meningkatnya penyebaran virus covid-19, menyebabkan kita harus bekerja remotely dari rumah. Rumah kita menjadi bertambah penghuni sepanjang hari. Suami/istri yang biasa bekerja di kantor, saat ini harus melakukannya dari rumah, meeting kantor juga dilakukan dari rumah dengan online meeting. Anak-anak yang seharusnya sudah mulai ke sekolah, sekarang kembali berada di rumah dengan sistem online learning.

Tentu anda bisa menjadi terlalu sibuk, stres dan bingung karena kewalahan harus memulai menyelesaikan tugas yang mana dulu. Karena semua seperti minta didahulukan dan penting untuk segera selesai pada saat bersamaan. Meskipun hari-hari penuh dengan kericuhan kesibukan, anda perlu menyisihkan waktu untuk bersantai atau nanti kesehatan mental dan fisik anda mungkin bisa jadi terganggu. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara mengelola stress, dan tentu saja ini dapat kita latihKami berikan beberapa cara untuk Anda, menjadi lebih terbiasa dan mudah untuk mengatasi stres di masa pandemi seperti saat ini.

Yang Pertama,

Melakukan olahraga secara teratur. Olahraga merupakan cara terbaik untuk merilekskan tubuh dan pikiran anda. Selain itu olahraga akan meningkatkan mood anda. Tetapi anda harus rutin dan sering melakukannya, sehingga lama-kelamaan menjadi kebiasaan yang menyehatkan hati dan pikiran anda. 

olahraga-teraturOlahraga Teratur

Yang Kedua,

Merilekskan otot anda. Karena pada saat anda mengalami stres, otot menjadi tegang. Anda dapat membantu melonggarkan otot-otot sendiri dan menyegarkan tubuh anda dengan melakukan gerakan peregangan otot, melakukan pemijatan dengan berendam di air hangat, mandi dengan air hangat, yang semua ini dilakukan akan membuat anda tidur dengan nyenyak di malam hari nya. 

merilekskan-ototMerilekskan Otot 

Yang Ketiga,

Melakukan latihan pernafasan. Latihan pernafasan dengan cara menarik nafas yang dalam, kemudian menahan napas beberapa 3 menit dan membuang nafas. Lakukan perlahan selama 10 kali. Usahakan agar anda melakukan ini secara rutin. Perasaan anda akan merasakan lebih baik setelah melakukan 3 set latihan pernafasan berikut;

  1. Duduk dalam posisi yang nyaman, dengan tangan berada di pangkuan dan kaki di lantai. Atau anda bisa berbaring.
  2. Tutup mata dengan membayangkan anda berada di di tempat yang santai. Bisa anda membayangkan sedang berada di pantai, di pegunungan, di taman bunga yang indah, atau dimana saja yang membuat perasaan anda senang dan damai. 
  3. Perlahan-lahan, lakukan latihan pernafasan dengan menarik nafas yang dalam dan keluarkan. Anda bisa melakukan proses ini 5 sampai dengan 10 menit. 

latihan-pernafasanLatihan Pernafasan

Yang Keempat,

Latihlah diri dengan hidup yang teratur. Karena kebiasaan sebelumnya yang selalu terburu-buru, dengan kehidupan modern yang begitu sibuk, dan sebenarnya kita hanya perlu memperlambat dan bersantai. Lihatlah kehidupan anda dan lakukanlah hal-hal kecil seperti; mengatur jam meja anda sebelum tidur, 5 hingga 10 menit lebih awal, sehingga anda mempunyai waktu sedikit lebih awal untuk menghindari stres keterlambatan. Misalnya anda yang selalu berkendara di jalan, saat anda mengemudi di jalan raya beralihlah ke jalur lambat sehingga anda menghindari emosi kemarahan dijalan. 

hidup-teratur

Hidup Dengan Teratur

Yang Kelima,

Makan dengan teratur, dengan makanan sehat. Diet seimbang membantu anda merasa lebih baik secara umum. Makanan yang seimbang bisa membantu mengendalikan suasana hati anda. Makanan yang seperti apa? Tentunya makanan yang penuh dengan sayuran, buah, dan biji-bijian. Makanlah protein tanpa lemak untuk energi.Jangan lewatkan jam makan anda, baik itu makan pagi, makan siang maupun makan malam. Karena rutinitas makanan sehat yang seimbang akan mengendalikan suasana hati yang buruk, dan meredakan stress anda.

makan-makanan-sehatMakan Makanan Sehat

Yang Keenam,

Jangan lewatkan waktu untuk istirahat. Anda perlu merencanakan waktu senggang yang nyata untuk memberikan waktu istirahat bagi pikiran anda dari stres. Jika anda adalah orang yang suka menetapkan tujuan, hal ini mungkin sulit bagi anda pada awalnya. Tetapi tetap dengan hal yang biasa anda lakukan anda akan menantikan saat-saat ini. Hal-hal menenangkan yang dapat anda latih untuk lakukan seperti;

  • Berdoa
  • Melakukan Meditasi
  • Melakukan Yoga
  • Melakukan Tai Chi
  • Mendengarkan musik favorit 
  • Melakukan kegiatan hobi
  • Bermain games
  • Menghabiskan waktu di alam terbuka

melakukan-meditasiMelakukan Meditasi

Yang Ketujuh,

Meluangkan waktu untuk hal-hal yang anda sukai seperti hobi. Cobalah melakukan sesuatu setiap hari yang membuat anda merasa lebih baik yang akan membantu menghilangkan stres anda. Tidak perlu banyak waktu yang diluangkan, hanya perlu 15 hingga 20 menit saja, sudah cukup. Hobi bersantai seperti; merajut, mendengarkan musik kesukaan, melakukan proyek seni (melukis, menggambar, membuat, dan lainnya), menonton film, bermain puzzle, bermain kartu, dan hobi lainnya. 

melakukan-hobi-menyenangkanMelakukan Hobi Menyenangkan

Yang Kedelapan,

Membicarakan masalah anda dengan orang yang anda percaya seperti dengan keluarga. Jika anda punya pikiran yang mengganggu anda,  cobalah anda membicarakannya dengan seseorang. Karena dengan membicarakan permasalahan tersebut, akan membantu anda mengatasi stres karena pikiran tersebut. Anda juga dapat berbicara dengan diri anda sendiri, dimana ini disebut self-talk dan kita semua melakukannya. Tetapi agar self-talk membantu mengurangi stres, anda perlu memastikan itu positif dan tidak negatif. Jadi, dengarkan baik-baik apa yang anda pikirkan atau katakan anda stres. Jika anda memberikan diri anda pesan negatif, ubahlah menjadi positif. Misalnya dengan tidak mengatakan pada diri anda sendiri “ Saya tidak akan bisa melakukannya”. Tetapi katakan pada diri sendiri kata-kata yang bermakna baik seperti: “Saya pasti bisa melakukannya dengan baik” atau “Saya melakukan yang terbaik yang saya bisa” atau “Saya bersemangat melakukan perubahan terbaik”.

komunikasi-dengan-orang-terpercayaKomunikasi Dengan Orang Terpercaya

komunikasikan-dengan-diri

Komunikasikan Dengan Diri

Yang Kesembilan,

Menghilangkan apa yang menjadi pemicu anda. Mencari tahu apa penyebab stres terbesar dalam hidup anda. Apakah pekerjaan anda, perjalanan anda, tugas sekolah, tugas kantor, keadaan  pandemi covid-19. Sebaiknya anda bisa melakukan identifikasi apa yang menjadi stres, lalu lihat apakah anda dapat menghilangkannya dari hidup anda, atau setidaknya menguranginya. Jika anda tidak dapat mengidentifikasi penyebab utama stres anda, cobalah membuat jurnal stres. Catat kapan anda menjadi paling cemas dan lihat apakah anda dapat menentukan polanya, kemudian temukan cara untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi pemicu tersebut. 

menulis-jurnal-pribadiMenulis Jurnal Pribadi

Yang Kesepuluh,

Bersikaplah mudah pada diri sendiri. Terimalah bahwa anda tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna, tidak peduli seberapa keras anda mencobanya. Bantu diri anda dengan berdoa untuk hal yang bisa anda lakukan sebaik mungkin. Jadi bantulah diri anda sendiri dan berhenti berpikir bahwa anda dapat melakukan begitu banyak. Dan tetaplah bergembira dengan selera humor anda Tertawa sangat membantu anda merasa rileks. 

bersikap-positifBersikap Positif Dan Ceria

Selamat mencoba mengelola stres anda, semoga membantu saat ini. 

"SALAM SEMANGAT SEHAT INDONESIA"

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

 

Sumber: 

Kementerian Kesehatan (promkes.kemkes.go.id)

Ray White Kebayoran Senopati Theme of Stop The Spread

Share