logo-raywhite-offcanvas

10 Sep 2021

Mendapatkan Pinjaman Kredit Rumah Anda Disetujui!

Mendapatkan Pinjaman Kredit Rumah Anda Disetujui!

Sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa anda pilih untuk membeli properti. Kredit pinjaman dengan sistem pembayaran secara angsuran dalam jangka waktu tertentu. Saat ini cukup banyak bank yang memiliki produk pinjaman yang bermacam-macam dan tingkat suku bunga yang bermacam-macam pula. 10 Bank utama di Indonesia: BRI, BCA, BTN, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, Bank Permata, Maybank,  Bank Danamon, Bank Mega.

Ribuan variasi produk pinjaman di gelontorkan ke masyarakat untuk membantu kebutuhan tempat tinggal dan kebutuhan lainnya. Haruskah saya mendatanginya bank satu persatu untuk mengecek produk pinjaman yang diberikan? Apa saja persiapannya? Bagaimana mengetahui produk kredit yang saya butuhkan? 

BAGAIMANA MENDAPATKAN KPR ANDA DISETUJUI:
Ketahui Seberapa Besar Kredit Yang Mampu Anda Bayar

menghitung-kemampuan-bayarMenghitung Kemampuan Bayar

Pinjaman anda tidak boleh lebih dari 25% dari penghasilan bersih yang anda terima. Bisa sedikit lebih tinggi tetapi tidak lebih. Ini akan mencakup prinsip dan bunga serta pajak properti dan asuransi pemilik rumah. Memiliki anggaran yang baik sangat penting. Anda ingin tetap bisa makan sekaligus bisa membayar pengeluaran lain seperti listrik, gas, air, saluran pembuangan dan pengeluaran lainnya. Jangan pernah menghiraukan risiko keuangan yang bisa terjadi dikemudian hari. 

Siapkan Dana Uang Muka Untuk Membeli Rumah

siapkan-dana-uang-mukaSiapkan Dana Uang Muka

Siapkan dana sebanyak yang anda bisa. Yang terbaik adalah meletakkan uang muka 100%. Ingat membeli properti dengan bayar tunai. Menabunglah rutin untuk membeli properti. Karena dana cukup untuk membayar uang muka adalah cara teraman. Tetapi jika anda tidak dapat membayar tunai, maka sebaiknya rencana untuk membeli dipikirkan dengan hati-hati. Semakin besar uang muka yang anda bayarkan, semakin rendah pembayaran cicilan bulanan anda. Begitu juga sebaliknya.

Target minimum uang muka adalah 20%. Apa pun yang kurang akan dikenakan biaya pembayaran yang lebih tinggi. Anda harus membayar asuransi kredit juga, ini adalah biaya tambahan dan bisa mahal. Bisa menambahkan sebanyak 20% ke pembayaran bulanan anda. Asuransi dibayar bukan untuk anda, tetapi untuk perusahaan pemberi kredit. Dan jika anda gagal bayar kredit maka rumah akan disita dan dijual melalui lelang.

Siapkan Dana Darurat

siapkan-dana-daruratSiapkan Dana Darurat

Apa yang terjadi jika terjadi kesalahan perhitungan? Masalah saluran pipa rusak, mesin cuci rusak atau AC tidak nyala. Apa yang akan anda lakukan? Bagaimana Anda membayarnya? Apakah anda siap pada hari resiko masalah datang dan perlu dana mendadak untuk perbaikan. Apakah anda punya dana darurat untuk membayar salah satu kebutuhan yang mendadak? Bagaimana anda akan membayar biaya mendadak sekaligus harus menutupi risiko dana semuanya?

Jawabannya: Siapkan dana darurat yang bisa bertambah dengan cepat karena banyak yang akan dibutuhkan. Kesiapan Ini akan mengurangi stres jika anda. Menabunglah rutin untuk dana darurat. Anda bisa meminta penjual rumah yang dibeli untuk membayar beberapa dana darurat karena resiko kerusakan. Dengan catatan perbaikan bisa terjadi pada rumah secondary. Dan rumah primary biasanya belum ada perbaikan karena kondisi baru dari standard dari developer yang membangunnya.

Tinjau Laporan Kredit Anda

tinjau-laporan-kreditTinjau Laporan Kredit

Meninjau laporan kredit bisa menyelamatkan anda. Karena semakin baik kredit anda, maka semakin baik tarif kredit anda. Jika anda memiliki kredit yang buruk, anda akan membayar tarif yang lebih tinggi. Bahkan ada kemungkinan anda bisa tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman.

Mulailah mengumpulkan laporan kredit anda. Sudahkah anda mencatatnya baru-baru ini? Biro kredit di Indonesia yaitu Pefindo Biro Kredit, mencatat semua informasi transaksi keuangan anda. Mereka telah mengumpulkan informasi tentang anda dan kebiasaan belanja anda. Sangat disarankan anda mengakses laporan kredit dan meninjau keakuratannya. Apakah informasi dalam laporan itu benar? Jika anda menemukan informasi yang tidak akurat, segera mengajukan keluhan dan meminta penjelasan dan koreksi. Biasakan lebih teliti dengan laporan kredit.

Pilihan Memiliki Rumah Atau Menyewa Rumah

rumah-pilihanRumah Pilihan

Anda bisa memilih kredit rumah untuk memiliki rumah sendiri atau menyewa. Mana yang lebih baik untuk anda. Ketika anda mengajukan kredit/pinjaman, maka peminjam akan mempertimbangkan semua hutang non kredit. Jika anda memiliki hutang terutang lainnya, mereka akan mengurangi jumlah yang akan mereka pinjamkan kepada anda berdasarkan kemampuan anda melakukan pembayaran atas semua hutang termasuk kredit baru.

Ingat bahwa pemberi pinjaman memastikan mereka akan dibayar. Mereka akan meninjau hutang yang belum dibayar, pembayaran bulanan dan akan melihat kredit yang tersedia untuk anda. Jika anda ingin memaksimalkan batas tersebut, lakukan berapa pembayaran bulanan anda. Hal itu akan mempengaruhi kemampuan anda untuk membayar kredit. Di sarankan anda bebas hutang. Membatasi hutang akan menguntungkan anda.

Jenis Kredit

Pertanyaan besar untuk anda tanyakan adalah seberapa cepat anda ingin memiliki rumah. Apakah anda ingin terus membayar perusahaan kredit dengan suku bunga yang tinggi. Perlu diketahui juga apa saja jenis kredit KPR yang bisa anda pilih:

form-kreditForm Kredit

  • KPR konvensional. Produk bank yang diberikan kepada masyarakat tanpa campur tangan pemerintah. Karena non subsidi maka seluruh biaya menjadi kebijakan bank. Jangka waktu diberikan 5-30 tahun. 
  • KPR bersubsidi. Bantuan pemerintah kepada masyarakat untuk membeli rumah. Bantuan diberikan berupa pengurangan uang muka dan suku bunga. Tetapi kredit ini hanya diberikan kepada pekerja yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki rumah. 
  • KPR Syariah. Kredit kepemilikan rumah yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan prinsip ajaran agama Islam. Jadi kredit dengan KPR Syariah tidak dikenakan bunga kredit. Tetapi skema pembiayaannya dengan sistem jual beli (skema Murabahah). Bagi hasil atau nisbah dengan perjanjian jual beli antara bank dan nasabah pembeli. 
  • KPR Pembelian. Kredit rumah yang jaminannya bukan hanya rumah yang dibeli, tetapi bisa properti lain seperti ruko, apartemen.
  • KPR Refinancing. Kredit rumah dimana rumah yang dibeli djadikan jaminan untuk pinjaman pribadi.

Objek kredit yaitu:

  • Benda-benda yang tidak bergerak. Bisa dipindahtangankan kepada orang lain. Termasuk dengan semua perlengkapannya.
  • Hak untuk menggunakan atas benda tersebut, termasuk dengan semua perlengkapannya.
  • Hak numpang karang. Hak mempunyai bangunan atau tanaman atas tanah yang dimiliki orang lain dan hak usaha di gedung atau tanah yang bukan milik sendiri. Jadi termasuk sewa tanah atau bangunannya. Hak melakukan kegiatan usaha di tanah/bagunan tersebut.
  • Bunga tanah yang dihasilkan atau dibayarkan. Bisa dalam bentuk uang atau hasil tanah yang digunakan.
  • Bunga seperti semula.
  • Pasar yang diakui pemerintah. Termasuk juga hak-hak asli yang melekatnya.
Datang Ke Agen Properti Profesional Untuk Lokasi Rumah Strategis

pilih-agen-propertiPilih Agen Properti

Temui agen properti profesional untuk bekerja sama, membimbing anda membeli properti. Membantu anda menemukan rumah yang lokasinya strategis dan sesuai  dana yang direncanakan. Selain itu, bisa membaca detail untuk mendapatkan lokasi bagus dan strategis di sini: Pilih Lokasi Rumah Yang Tepat Untuk Rumah Impian Anda. 

Pastikan anda menemukan banyak daftar pilihan rumah dan apartemen idaman yang DI JUAL di Jakarta.

Ray White Kebayoran Senopati, Your Property Solution!

 

Sumber:

Pefindo Biro Kredit

Share